You are here
Tua Rinkes Silalahi Calon Deputi Penindakan KPK Nasional 

Tua Rinkes Silalahi Calon Deputi Penindakan KPK

Topmetro.news – Tua Rinkes Silalahi masuk dalam daftar salah satu calon Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedikitnya tujuh orang yang diajukan dan beberapa nama calon diusulkan dari institusi Polri maupun Kejaksaan Agung.

“Deputi Bidang Penindakan calon dari Polri yakni Toni Harmanto, Firly dan Abdul Hasyim Gani,” ujar Jurubicara KPK, Febri Diansyah kepada wartawan, Minggu (11/3/2018).

Febri mengatakan, KPK butuh masukan dari masyarakat luas. Sebab posisi yang akan diseleksi ini sangat penting bagi ikhtiar pemberantasan korupsi ke depan.

”Mohon masukan dari masyarakat sebagai bagian dari peran memperkuat upaya pemberantasan korupsi. Karena posisi yang akan diseleksi ini merupakan jabatan yang sangat penting bagi ikhtiar pemberantasan korupsi ke depan,” kata Febri.

Sebelumnya Jumat (9/3/2018), Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan menyebut rekam jejak para kandidat itu akan ditelusuri KPK. Penelurusan dilakukan KPK dengan bantuan instansi terkait lainnya.

“Itu sudah pasti (dilakukan), nanti dari teman-teman semua. Apakah yang bersangkutan pernah melakukan hal tidak baik,” ujar Basaria.

“Standar (meminta bantuan BNN dan PPATK untuk mengecek) itu selalu kita lakukan. Kalau narkoba (ke) BNN, tindak pidana lain (ke) kepolisian dan kejaksaan, tindak pidana pencucian uang (ke) PPATK. Itu yang selalu kita lakukan, itu standar saja, tidak ada yang luar biasa,” imbuh Basaria.

Diusulkan Kejagung Tujuh Orang

Adapun nama-nama yang diusulkan Kejagung ada tujuh orang, salah satunya Tua Rinkes Silalahi.

“Dari Kejaksaan Agung ada Tua Rinkes Silalahi, Feri Wibisono, Fadil Zumhana, Heffinur, Wisnu Baroto, Oktovianus dan Witono,” sebutnya.

Sekadar diketahui Brigadir Jenderal Toni Harmanto kini menjabat kepala Biro Pengkajian dan Strategi Polri, Brigjen Firly sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Brigjen Abdul Hasyim Gani sebagai Perwira Menengah Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri penugasan pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang.(tmn)

sumber: rmol

1294 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment