You are here
Gubsu Sampaikan Progres 18 Proyek Strategis Nasional ke Investor Ekonomi & Bisnis 

Gubsu Sampaikan Progres 18 Proyek Strategis Nasional ke Investor

Topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi menginformasikan 18 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang kini menjadi prioritas bagi pemerintah pusat di Provinsi ini kepada investor. Satu diantaranya China Gezhouba Group Coorporation (CGGC) yang tertarik atas penyampaian progres pembangunan nasional di beberapa kabupaten/kota.

“Hari ini juga, Menko Maritim juga berada di China untuk paparan tentang proyek-proyek yang ada di Indonesia termasuk di Sumut. Karena beberapa proyek (besar) dikerjasamakan dengan investor,” ungkap Erry Nuradi kepada perwakilan CGGC Xue Wei dan Fan Yujun didampingi Kabag Humas Indah Dwi Kumala dan pejabat terkait di ruang kerjanya, Kamis (12/4/2018)

Untuk Investasi Swasta

Dipaparkan Gubsu ada 18 proyek pengembangan kawasan dan infrastruktur di Sumut yang terbuka untuk investasi swasta. Untuk kawasan industri dan pariwisata, ada Pembangunan Kota Mandiri Kuala Tanjung, Kawasan Aetropolis Kualanamu, KEK Sei Mangkei, Industri Perkebunan Kuala Tanjung, Kualanamu Estate and Harbour Town, Tobasari Resort, Kawasan Pariwisata Sibisa dan Taman Bunga di tepi Danau Toba.

Selain itu, sambung Erry Nuradi, ada juga jaringan kereta api yang akan dikembangkan dari yang ada saat ini, mulai Pematang Siantar-Parapat, Rantau Parapat-Duri-Dumai. Kemudian untuk jalan tol ada jalur Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat. Sedangkan khusus pelabuhan dan bandara, ada Kuala Tanjung Industrial Gateway Port, Terminal Petikemas Kuala Tanjung, Pengembangan kawasan Bandara Kualanamu, Bandara Pinang Sori, Silangit. Serta termasuk pembangkit listrik menggunakan energi limbah, dan terakhir proyek LRT, BRT Kota Medan.

“Jadi Proyek Strategis Nasional ini dikerjasamakan ke investor. Kami sudah mendengar group ini. Sehingga nantinya apa yang kami sampaikan, dapat menjadi bahan pertimbangan para investor untuk bisa investasi di Sumut,” katanya.

Minta Investasi di PLTA

Menanggapi hal itu, Vice General Manager CGGC Xue Wei didampingi Fan Yuzun dan Richard Mercury menyampaikan ketertarikannya seputar Proyek Strategis Nasional terutama peluang investasi yang disampaikan Gubernur Sumut. Karena itu pihaknya berharap dukungan Gubernur untuk upaya perusahaannya ikut membangun di provinsi ini.

“Untuk proyek itu, kami berminat pada investasi di PLTA, pelabuhan dan jalan tol. Kami juga mengharapkan dukungan Gubernur dalam hal ini,” sebutnya.

Ketertarikan itu disampaikan pihak CGGC untuk mendapatkan informasi mengenai feasibility study (studi kelayakan) dari proyek-proyek strategis tersebut. Materi itu nantinya akan mereka bawa dan kaji di perusahaannya sebelum memutuskan menanamkan modalnya di pembangunan pengembangan kawasan dan infrastruktur di Sumut.(erris)

140 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment