Simak Tips Aman Naik Pesawat Terbang saat Pandemi Covid-19

aman naik pesawat

TOPMETRO.NEWS – Biar aman naik pesawat terbang? Apalagi kini saat musim pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia membuat kita harus mengikuti berbagai protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan. Termasuk biar aman naik pesawat terbang.

Aman Naik Pesawat, Ikuti Standar Kesehatan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum bepergian naik pesawat saat pandemi Covid-19.

Simak langkah yang harus diikuti agar penerbangan Anda tetap aman naik pesawat, seperti disiarkan suara yang dikutip dari Times of India.

Perhatikan Jarak Sosial

Beberapa langkah yang diadopsi untuk mencegah penularan Covid-19 saat melakukan penerbangan adalah mempraktikkan jarak sosial dengan membiarkan kursi tengah kosong. Awak kabin lainnya pun harus mengenakan masker dan pakaian perlindungan diri untuk menghindari infeksi. Makanan dalam penerbangan juga harus dihentikan dan pembersihan tangan mutlah harus dilakukan.

Tindak Pencegahan Lain yang Bisa Diambil

Meskipun bepergian mungkin bukan tindakan terbaik saat ini, namun banyak orang yang tidak dapat menghindari penerbangan. Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang harus kamu ambil:

– Simpan dan bersihkan bagasi, yang bisa menjadi permukaan tempat virus menempel.
– Penggunaan pembersih adalah keharusan. Meskipun maskapai penerbangan melakukan pembersihan mendalam secara rutin, tetaplah menggunakan pembersih berkualitas baik setiap saat, mulai dari kursi hingga sandaran kepala. Percayalah pada disinfektanmu sendiri.

artikel untuk Anda | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA WARGA, NKRI UTUH TERJAGA

– Hindari menyentuh permukaan yang sering disentuh seperti pintu, kenop dan meja baki.
– Penumpang juga telah diminta untuk menghindari penggunaan toilet dan kamar mandi kecuali sangat dibutuhkan.
– Jangan menyentuh wajah atau tangan, dan jauhkan diri dari seseorang yang terlihat batuk.
– Jangan lepas masker, kecuali jika ada keadaan yang tidak bisa dihindari.
– Jika memiliki pilihan, pertimbangkan untuk memilih tempat duduk dekat jendela. Penelitian telah menunjukkan penumpang yang duduk di kursi dekat jendela memiliki kemungkinan paling kecil terkena infeksi.
– Cuci tangan sesering mungkin dan ikuti juga protokol disinfektan.

Siapa yang Harus Menghindari Bepergian

Wanita hamil, anak kecil dan lanjut usia, atau mereka yang termasuk dalam kategori berisiko tinggi disarankan untuk menghindari bepergian.

Jika kamu sakit, atau menunjukkan gejala, atau tinggal di zona bahaya, bepergian dapat memperburuk keadaan bagimu dan rekan kerja.

aman naik pesawat2

BACA SELENGKAPNYA | Calon Penumpang Pesawat Wajib Lewati 5 Proses Pemeriksaan

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, tiap calon penumpang pesawat sepertinya harus memperhatikan hal penting ini.

PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan penerapan physical distancing di seluruh bandara yang dikelolanya selama masa pandemi Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran wabah.

Hal ini juga sejalan dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor SE 32 tahun 2020 tentang Petunjuk Operasional Transportasi Udara untuk Pelaksanaan Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19.

reporter | dpsilalahi
sumber/foto | tribunnews/suara/Times of India.

Related posts

Leave a Comment