You are here
AC Mobil kurang Dingin, Ayo Cek Sendiri Otomotif 

AC Mobil kurang Dingin, Ayo Cek Sendiri

topmetro.news – Ac mobil merupakan salah satu faktor untuk menciptakan kenyaman dalam berkendara. Namun. adakalanya kita merasakan AC mobil kurang dingin atau AC mobil hanya mengeluarkan angin saja. Hal ini tentu akan sangat mengganggu kita yang sedang berada di dalam mobil. Belum lagi kalau saat terjadi kemacetan,rasa sumpek dan gerah pasti kita rasakan, yang pada akhirnya membuat konsentrasi kita terganggu.

Kejadian seperti ini bukanlah karena tidak berkualitasnya AC pada mobil kita, tetapi lebih didasarkan karena ketidaktahuan kita bagaimana merawat dan menjaga AC mobil agar selalu berfungsi sempurna.
Karena peranannya yang sangat penting baik malam maupun siang hari. maka AC harus selalu dirawat agar awet dan bisa berfungsi secara normal.

Bila suatu saat anda mengalami masalah AC tidak dingin atau AC hanya mengeluarkan angin saja, ada beberapa hal yang dapat anda perhatikan. Namun terlebih dahulu anda harus mengetahui nama nama komponen pada AC mobil. Komponen umum pada AC mobil antara lain kompresor, kondensor, Freon, evaporator, drive belt, ekstra fan

Bila anda telah mengetahui perangkat tersebut dan suatu saat mengalami masalah pada AC mobil, tidak ada salahnya anda mencoba sendiri untuk menganalisis penyebabnya.

Beberapa Penyebab AC tidak dingin

Hal- hal berikut dapat dapat anda periksa bila AC mobil terasa tidak dingn

Kompresor

AC mobil tidak dingin bisa disebabkan karena kerusakan pada kompresor. Selain itu tanda kalau kompresor mengalami aus atau kerusakan adalah sight glass berwarna hitam. Hitam sight glass mengindikasikan bahwa receiver dryer atau expansion valve terhambat oleh kotoran.
Jika sudah mengalami AC mobil tidak dingin di siang hari atau sight glass berwarna hitam, anda dapat mengganti atau memperbaiki kompresor.

Ada kotoran Kotoran Pada Kondensor

Fungsi utama kondensor sebagai pembuang panas harus terjaga jangan sampai ada kotoran yang menumpuk. Jika pada kondensor terdapat kotoran, hal ini juga bias mengakibatkan AC mobil tidak dingin. Kondensor jika tidak rutin dibersihkan akan menyebabkan menumpuknya kotoran atau timbul karat. Sehingga proses pembuangan panas yang dihasilkan kompresor tidak akan sempurna.

Fan Belt atau Drive Belt Mengalami Putus

Penyebab AC mobil tidak dingin lainnya adalah putusnya fan belt atau drive belt. Yang berfungsi menyalurkan putaran mesin menuju kompresor. Sehingga ketika fan belt tersebut putus, kompresor tidak bisa berjalan normal. Akibat kompresor tidak bisa bekerja normal, maka aliran freon tidak akan bersikulasi. Sehingga akan menyebabkan AC mobil tidak dingin hanya keluar angin atau AC mobil kurang dingin.
Motor pada Extra Fan Mati

Coba periksa bagian extra fan jika anda mengalami AC mobil kurang dingin. Extra fan terletak di depan kondensor. Apakah extra fan berputar atau tidak. Jika tidak berputar berarti extra fan yang jadi sebab AC tidak dingin. Extra fan yang rusak atau tidak berputar akan mempengaruhi proses kondensasi menjadi tidak berjalan. Proses kondensasi inilah yang membuat penurunan suhu di dalam kondensor. Kalau extra fan mat,i otomatis tidak ada penurunan suhu. Akhirnya mengakibatkan kabin mobil suhunya jadi panas.

Refrigerant atau Freon Sudah Habis

Refrigerant\freon yang habis juga menjadi penyebab tidak dinginnya AC. Freon bisa habis atau berkurang bias disebabkan terjadinya kebocoran pada sambungan pipa/selang. Sambungan tersebut bocor bisa karena sudah aus atau memang karena usia pakainya sudah tua. Kerusakan lainnya yang menyebabkan freon bocor adalah adanya kerusakan pada bagian relief valve kompresor. Semua kerusakan-kerusakan tersebut bisa membuat freon atau refrigrant menjadi habis.
Evaporator Mengalami Penyumbatan

Penyumbatan pada evaporator yang disebabkan oleh debu bisa membuat AC mobil tidak dingin. Adanya penyumbatan oleh debu atau kotoran pada evaporator membuat aliran udara dari blower jadi terhambat. Terhambatnya aliran udara yang keluar dari blower membuat sirkulasi AC juga akan terganggu. Filter AC yang jarang dibersihkan juga bisa mengganggu kinerja evaporator. Kotoran yang menempel pada filter akan menghambat aliran udara dingin. Sebaiknya selalu bersihkan evaporator maupun filter AC secara.

Kelebihan Tekanan pada Sistem AC Mobil

Setelah melakukan servis AC,, kesejukuan AC jadi berkurang, hal ini biasanya terjadi karena Kelebihan tekanan yang disebabkan oleh pengisian oli kompresor yang melebihi batas. Kapasitas oli kompresor yang berlebihan membuat tekanan pada freon meningkat. Itu akan mengakibatkan kompresor akan sangat panas. Lalu, membuat proses kondensasi akan terhambat. Terganggunya kinerja kompresor maupun kondensor akan membuat AC mobil tidak dingin.
Demikian beberapa ulasan tentang penyebab AC mobil tidak dingin, semoga sajian kami dapat bermanfaat bagi anda. (TM\art)

734 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment