You are here
AKBP MP Nainggolan SH MH: Sahabat Wartawan, Pantang Mengeluh Tokoh 

AKBP MP Nainggolan SH MH: Sahabat Wartawan, Pantang Mengeluh

Topmetro.news – Siapa yang tak kenal pria ini? Anda yang sering wara-wiri di Polda Sumut pasti kenal dengan AKBP MP Nainggolan? Terlebih kalangan kuli tinta pastilah kenal sosok Kasubbid Penmas Polda Sumut ini. Sebagian mungkin ada juga yang kenal nama tapi tidak tahu orangnya. Atau pernah komunikasi tapi tidak pernah ketemu orangnya.

AKBP MP Nainggolan SH MH, Kasubbid Penmas Poldasu yang setiap harinya tempat wartawan/jurnalis untuk meminta konfirmasi terhadap pemberitaan atau sekadar mempertanyakan perkembangan berita itu.

Di Mapolda Sumut, Pak Neng (begitu dia dipanggil akrab) merupakan sosok yang paling dicari para wartawan.

Sekadar diketahui AKBP MP Nainggolan mulai tenar di kalangan wartawan sejak 12 tahun lalu (2006). Sejak dirinya dimutasi ke Kabupaten Nias, yaitu sebagai Kapolres Nias Selatan.

Mengabdi selama 20 tahun lebih sebagai personil Polri, pemilik nama lengkap Mangatar Pardamean Nainggolan ini selalu menjalaninya dengan penuh tanggungjawab dan rasa syukur. Meski terkadang harus rela berjauhan dengan keluarga, tapi tetap dijalani dengan penuh sukacita.

Berbaur dengan Wartawan

Kepada Topmetro.News dia mengaku sudah lama mengenal wartawan yang sehari-harinya datang kepadanya. Bahkan dirinya tidak pernah mengeluh ketika wartawan datang kepadanya meski hanya sekadar konfirmasi berita.

“Iya saya sudah terbiasa berbaur dengan wartawan, 12 tahun saya sudah dipercaya sebagai Kasubbid Penmas Polda Sumut. Ini saya syukuri dan saya tidak pernah mengeluh ketika wartawan datang konfirmasi,” ujarnya Senin (9/4/2018).

Menurutnya, sebagai personil Polri, dirinya harus mampu menjalankan tugas dan amanah yang diberikan atasannya.

“Lebih dari setengah perjalanan dinas dan pengabdian di Polri, saya bertugas di Nias. Ini merupakan tugas dan amanah, harus dipertanggungjawabkan!” tegasnya.

Beberapa jabatan penting telah dipegang MP Nainggolan, semua itu dianggapnya hanya sebuah amanah yang harus diemban.

“Sebagai Wakapolres Nias pada tahun 2003, Wakapolres Tanah Karo 2005, Kapolres Nias Selatan, serta jabatan saat ini sebagai Kasubdit Penmas Polda Sumut. Saya juga pernah anggota DPRD Kabupaten Nias selama 1 periode tahun 1998,” kenang Pak Neng.

Siapkan Waktu Olahraga

Kini, sisa jabatan yang diamanahkan kepadanya berkisar 3 tahun lagi. Tapi bukan berarti membuat dirinya harus bersantai-santai. Jika ada waktu luang, dihabiskannya untuk berolahraga. Katanya kesehatan itu harus dijaga.

“Seminggu terkadang dua sampai tiga kali setiap sorenya saya sempatkan untuk berolahraga. Olahraga lari keliling lingkungan rumah sampai dengan Push Up sebanyak 25 kali. Iya masih bersyukurlah bisa berolahraga, ini sangat penting untuk kesehatan,” sambungnya.

Selain menjaga kesehatan ditengah kesibukkan berdinas sebagai Polri, Pak Neng juga selalu menyempatkan dirinya untuk menjaga dan membimbing anak-anaknya, sehingga anak-anaknya kelak diharapkan menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

Berkat doa dan kerja kerasnya selama ini tampak mulai membuahkan hasil. Itu terlihat dari prestasi anak-anaknya.

“Rebecka Octaria MP Nainggolan (putri sulung) telah lulus Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) TA 2015, Nico Brata MP Nainggolan lulus taruna Akademi Ilmu Pemasyarakatan (Akip) Kumham. Daniel Junwaldi MP Nainggolan lulus menjadi Taruna mengikuti pendidikan Akademi Kepolisian (Akpol),” kisah pria kelahiran Padangsidimpuan 22 Juli 1963 itu.(mr)

645 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment