You are here
Andres Dovizioso Juara di MotoGP San Marino 2018 Olahraga 

Andres Dovizioso Juara di MotoGP San Marino 2018

topmetro.news – Pebalap Andrea Dovizioso dari tim Ducati Corse menorehkan sejarah, tampil sebagai juara MotoGP San Marino, dalam menampilkan penampilan apiknya, dengan menaklukkan sirkuit Misano World Circuit, Minggu (9/9/2018) malam WIB. Sedangkan, pebalap Honda, Marc Marquez menempati finis kedua, yang memanfaatkan jatuhnya Jorge Lorenzo menjelang dua lap terakhir. Atas kemenangan tersebut, pebalap Ducati, Andrea Dovizio yang star diposisi keempat, dapat menjaga performanya hingga akhir balapan.

Dovizioso akhirnya menyalip Lorenzo di lap keenam untuk memimpin balapan. Sementara itu, Lorenzo dan Marquez terlibat persaingan ketat dalam memperebutkan posisi kedua. Sempat salip-menyalip, Lorenzo menempati posisi kedua di depan Marquez sampai lap-lap terakhir. Sial bagi Lorenzo, ia justru terjatuh di lap ke-26. Lorenzo memang masih bisa melanjutkan balapan. Namun pada akhirnya ia harus puas finis di urutan ke-17. Sementara itu, Dovizioso mulus melewati garis finis di urutan pertama. Marquez menyusul dengan diikuti oleh Cal Crutchlow di urutan ketiga.

Dengan kemenangan ini, Ducati sukses memenangkan dua balapan kandang dalam satu musim kompetisi sejak mengikuti MotoGP pada 2003. Mereka sebelumnya menjuarai MotoGP Italia lewat Jorge Lorenzo. Dovizioso membukukan waktu 42 menit 5,426 detik untuk berjaya di Misano. Pimpinan klasemen Marc Marquez (+2,822 detik) berada di posisi dua. Sedangkan Cal Crutchlow (+7,269) melengkapi podium.

Ini adalah titel ketiga Dovizioso pada MotoGP musim ini. Dia sebelumnya berjaya pada seri Qatar dan Republik Ceko. Sebagai pemegang pole position, Lorenzo sukses mengamankan posisi terdepan pada beberapa putaran. Namun, Dovizioso sukses menguasai posisi tersebut dengan kecepatan tinggi.

Dia sukses memperlebar jarak menjadi 1-2 detik atas pesaing terdekat pada pertengahan balapan. Sedangkan Lorenzo dan Marquez saling menyalip memperebutkan posisi dua. Namun, Lorenzo melakukan kesalahan fatal. Dengan balapan menyisakan dua putaran, dia terjatuh di tikungan 8. Blundernya membantu Crutchlow naik podium.

Kemenangan Sempurna Buar Andrea Dovizioso

Usai memenangkan balapan di MotoGP San Marino 2018. Andrea Dovizioso langsung mengeluarkan komentar, dengan kemenangan yang dinilainya sangat sempuurna. Sempurnanya kemenangan pebalap Ducati Corse itu, karena diawal star Dovizioso berada di urutan empat, yang rasanya mustahil mendapatkan juara di race ini.

Pebalap yang memiliki berjuluk The Little Dragon menambahkan, atas kemenangannya ini seluruhnya tidak terlepas dari taktik yang dimiliki. “Segalanya tampak sempurna, karena taktik yang diterapkan sebelum lomba berjalan dengan baik. Apalagi, didukung faktor kendaraan yang dalam kondiri terbaik,” sebut Divizioso seperti dikurip dari Crash, Minggu (9/9/2018) usai balapan.

Dari rencana taktik yang dimiliki Dovizioso, telah terlihat dari enam lap yang dapat meninggalkan Jorge Lorenzo, yang semula memimpin diawal lomba, ternyata mampu dilewati dengan baik. Dovizioso langsung memimpin balapan dan meninggalkan jauh para pesaingnya, Lorenzo dan Marc Marquez. ” Dengan sabar melihat, peluang untuk dapat menyalip lawan, kunci keberhasilan saya dalam balapan ini. Dan menjalni balapan tanpa memikirkan beban, harus tampil sebagai juara. Yang hanya ingin tampil di podium sebagai juara berapapun itu,” ungkapnya

Pebalap berpaspor Italia itu, tetap konsisten dalam malukan balapan. Walaupun pasaingnya terdekatnya dalam balapan itu, datang dari pebalap setimnya Jorge Lorenzo dan dari tim Honda Marc Marquez. Namun, dengan tenang Dovizioso terus memimpin balapan hingga akhir finis. Dari kemenangan itu, Andrea Dovizioso berada di posisi kedua dengan 154 poin terpaut 67 poin dari Marc Marquez di posisi pertama dengan 221 poin.(TM-YOFE)

Klasemen Sementara MotoGP 2018

No Pebalap                      Negara          Tim                                             Poin

01 Marc Marquez           Spanyol        Repsol Honda (RC213V)              221
02 Andrea Dovizioso     Italia             Ducati Team (GP18)                      154
03 Valentino Rossi         Italia             Movistar Yamaha (YZR-M1)       151
04 Jorge Lorenzo           Spanyol        Ducati Team (GP18)                     130
05 Maverick Vinales      Spanyol        Movistar Yamaha (YZR-M1)       124
06 Cal Crutchlow            Inggris         LCR Honda (RC213V)                  119
07 Johann Zarco             Perancis      Monster Yamaha Tech3               110
08 Danilo Petrucci         Italia             Pramac Ducati (GP18)                 110
09 Andrea Iannone        Italia             Suzuki Ecstar (GSX-RR)             92
10 Alex Rins                     Spanyol       Suzuki Ecstar (GSX-RR)              79

42 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment