Apple Bakal Jual Penerus iPhone X Lebih Murah

iPhone X

topmetro.news – Apple dilaporkan akan merilis tiga model iPhone di tahun ini, yakni versi terbaru iPhone SE, iPhone X, termasuk iPhone X Plus. Namun, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu disebut akan melakukan merubah rencana untuk salah satu model iPhone anyar tersebut.

Dilansir Digitimes, pada Jumat (23/3/2018) penerus langsung dari iPhone X yang dirilis tahun ini akan menggunakan material yang lebih murah. Karena itu, harga jual iPhone X versi terbaru akan lebih murah.

Menurut informasi yang diperolah dari rantai pasokan Apple, perusahan berencana mengurangi biaya untuk keperluan material hingga 10 persen. Sebagai perbandingan, biaya material yang diperlukan untuk satu iPhone X pada 2017 sekitar US$ 400 atau Rp 5,5 juta.

Analis Senior Digitimes, Luke Lin, memprediksi iPhone X berukuran 5,85 inci akan menjadi yang paling murah dari tiga model iPhone di 2018.

Sekadar informasi, perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu disebut akan merilis dua model iPhone X di tahun ini, yang masing-masing berukuran 5,85 inci dan 6,45 inci. Keduanya dikabarkan akan menggunakan layar berbahan panel OLED.

Kabarnya, Apple juga sudah berhasil melakukan negosiasi dengan Samsung Display untuk memasok layar iPhone X. Sayangnya, belum dapat diprediksi semurah apa Apple akan membanderol smartphone terbaru tersebut.

Selain Samsung, Apple juga dilaporkan tengah melakukan penjajakan dengan LG untuk memasok OLED. Namun sampai saat ini, ternyata kedua perusahaan belum mencapai kata sepakat.

Dilansir Softpedia, LG dalam sebuah dokumen menyatakan perusahaan belum membuat satu panel OLED pun untuk iPhone X. Selain itu, LG juga menambahkan bahwa belum ada kesepakatan yang dicapai dengan Apple mengenai hal tersebut.

Sebelumnya, Apple dilaporkan melirik LG sebagai penyuplai baru panel OLED untuk iPhone X agar tidak terlalu bergantung pada Samsung. Rival senegara LG tersebut merupakan satu-satunya penyuplai panel OLED untuk Apple saat ini.

Berbagai laporan rencana tentang kerja sama Apple dan LG ini telah banyak beredar. Salah satunya menyebutkan Apple telah berinvestasi pada sebuah fasilitas produksi LG, yang fokus sepenuhnya memproduksi layar iPhone.

Kendati demikian, para eksekutif Apple dan LG belum memberikan pernyataan resmi apa pun. Namun setidaknya dengan dokumen terbaru LG, diketahui bahwa kedua perusahaan belum menjalin kerja sama untuk suplai panel OLED.

Di sisi lain, penjualan iPhone X ternyata tak begitu istimewa. Akibatnya, Apple terpaksa harus memangkas produksi smartphone dengan layar bezeless tersebut.

Menurut informasi yang diaporkan Nikkei, Apple sendiri telah memangkas target produksi iPhone X hingga 50 persen.

Penjualan Dipangkas

Pemangkasan produksi ini diiringi dengan fakta di mana ada beberapa negara yang penjualan iPhone X-nya terus menurun, di antaranya seperti Amerika Serikat, Tiongkok, dan Eropa.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) tersebut bahkan juga telah memberikan informasi pihak penyuplai komponen soal pemangkasan target produksi.

Dengan demikian, jumlah unit produksi iPhone X yang seharusnya tersedia 40 juta unit pada kuartal pertama tahun ini, dipangkas menjadi 20 juta unit.(TMN)

sumber: liputan6

Related posts

Leave a Comment