Investor AS Tawarkan Kerjasama Kesehatan dan Pariwisata ke Sumut

topmetro.news – Investor Amerika Serikat (AS) menawarkan kerjasama bidang kesehatan dan pariwisata ke daerah ini. Provinsi Sumut dinilai mempunyai potensi sangat besar untuk dua bidang tersebut.

Hal itu terungkap ketika Gubsu Dr Ir HT Erry Nuradi MSi menerima kunjungan investor dari Amerika Serikat, yang diprakarsai Stern Resources (SR) Carl E Bolch dan Hartadinata Harianto, di ruang kerja Gubsu, Rabu (21/3/2018).

Dikemukakan Co-Chief Stern Resources (SR) Carl E Bolch, tujuan mereka mengunjungi Sumut untuk menjajaki potensi di daeah ini, agar dapat dijalin kerjasama. “Sumut adalah daerah sangat indah yang mempunyai kawasan wisata yang mempesona, serta Bandara Kuala Namu yang bersih. Ini adalah kunjungan pertama kami di Sumut,” ujarnya.

Dikatakannya, investasi yang ditawarkan adalah dalam bidang kesehatan, klinik dan rumah sakit. Juga ingin menjalin kerjasama bidang pariwisata, perhotelan, dan resort. “Kami berencana akan berinvestasi dengan membangun rumah sakit bertaraf internasional yang memiliki peralatan teknologi yang canggih dengan dokter-dokter spesialis,” katanya.

Walaupun nantinya rumah sakit itu bertaraf internasional, tetapi menurutnya, pembiayaannya dengan harga lokal, sehingga mengurangi masyarakat yang berobat ke luar negeri. Selain rumah sakit, investor AS juga berminat di bidang pariwisata dan perikanan.

“Saya telah mengunjungi banyak kota dan Sumut merupakan tempat favorit saya. Saya sangat senang berada di Sumut. Untuk itu kami berharap mendapat dukungan dari Pemprovsu dalam hal ini Pak Gubsu Erry,” ujar Carl.

SAMBUTAN GUBSU

Pada kesempatan itu, Gubsu HT Erry Nuradi memberi apresiasi kepada investor AS yang sudah bersedia berminat menjalin kerjasama dengan Sumut. Gubsu mengatakan, Sumut mempunyai potensi daerah cukup besar.

Tentang kesehatan dan rumah sakit, Gubsu menjelaskan, saat ini Sumut telah memiliki 217 rumah sakit tipe A, B dan C. Jika berbicara bisnis, maka rumah sakit sangat baik, karena adanya sistem asuransi kesehatan bagi penduduk.

Mengenai pariwisata, menurut Tengku Erry, Sumut sedang giat-giatnya membangun Kawasan Danau Toba agar menjadi destinasi wisata internasional. Keindahan alamnya yang sangat mempesona ditambah makin mudahnya akses ke daerah itu.

Sumut telah punya bandara internasional yang langsung ke daerah Kawasan Danau Toba yakni Bandara Silangit. Hal ini bertujuan agar dapat menaikkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sumut. Sumut menargetkan tahun 2018 harus dapat menarik 1 juta wisatawan ke Sumut. Pemprov ingin menjadikan Danau Toba sebagai Bali kedua di Indonesia.

“Saya sangat bergembira bertemu dengan para investor luar negeri, yang ternyata sangat berminat terhadap pengembangan potensi Sumut. Kami dalam hal ini Pemprovsu ingin sekali membuka akses ke dunia agar Indonesia dapat terkenal di seluruh dunia. Untuk itu saya berharap kerjasama ini dapat terjalin kedepannya,” pungkasnya.

Turut hadir Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Noufal Mahyar, Kepala Biro Otonomi Daerah Basarin Yunus Tanjung, Kabag Humas Indah Dwi Kumala dan OPD lainnya. (TM-ERRIS)

Related posts

Leave a Comment