You are here
Mengenal Asosiasi Bikers Sumut (ABS) Komunitas 

Mengenal Asosiasi Bikers Sumut (ABS)

topmetro.news – Asosiasi Bikers Sumut (ABS) merupakan kumpulan para bikers kota Medan yang dibentuk pada tahun 2016 dan dideklarasikan pada tanggal 17 September 2016. ABS terbentuk atas dasar arahan dari Kasubdit Dikyasa Ditlantas Poldasu AKBP Sujarno, dan juga atas dasar keinginan bersama 20 club sepeda motor di kota Medan, untuk membentuk suatu wadah baru yang lebih terarah dan terbina dari Ditlantas Poldasu dan Satlantas Polrestabes Medan.

Tujuan dibentuknya ABS adalah untuk menyatukan visi dan misi dari klub atau komunitas sepeda motor di Kota Medan khususnya. Sehingga tidak hanya menjadi slogan belaka. Selain itu untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, dimana masyarakat masih banyak salah menilai tentang komunitas sepeda motor, yang dianggap selalu melanggar aturan lalu lintas.

ABS juga ingin menyampaikan bahwa asosiasi ini adalah wadah positif untuk komunitas sepeda motor, hal ini dapat dilihat dari berbagai macam program kerja dari ABS, yang menjadi tolok ukur dan masukan bagi klub di luar ABS.

Kegiatan Utama Asosiasi Bikers Sumut

Dari awal terbentuknya, ABS lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan sosial.  Komunitas ini memiliki agenda rutin untuk memberikan donor darah, serta support moral untuk para pejuang penyakit kanker.  Setiap menjelang hari raya Idul fitri, natal  dan simpatik an tahun baru, ABS selalu melakukan kegiatan berupa aksi empati dan simpatik terhadap pos pam mudik. ABS juga merupakan pemberi bantuan gempa terbesar untuk setingkat komunitas atau pun paguyuban.

Rizaldi selaku ketua ABS dalam wawancara khusus yang dibuat oleh wartawan top metro mengatakan,

“ABS juga mempunyai kegiatan tahunan berupa kampanye safety riding ke sekolah-sekolah dan ke remaja masjid pada saat Ramadhan, ABS juga merupakan paguyuban pertama yang melaksanakan penanaman 1000 pohon mangrove yang kemudian diikuti oleh yang lainnya.” Ucapnya.

Mengenai touring, ABS memiliki divisi touring dan pariwisata yang tujuannya bukan hanya sekedar touring, tapi juga mengenalkan pariwisata Sumut ke daerah-daerah yang akan dilewati pada saat touring. Dan pada tahun 2018 ini ABS mempunyai program untuk melaksanakan touring pariwisata dari Medan hingga Lombok.

Untuk kegiatan-kegiatan lainnya, ABS juga banyak bekerjasama dengan berbagai pihak misalnya pada 17 Agustus 2017, ABS melaksanakan kegiatan napak tilas perjuangan pahlawan kemerdekaan RI yang bekerjasama dengan museum juang TNI dan Kodim 01/02BS. ABS juga saat ini bekerjasama dengan organisasi remaja islam dalam melaksanakan pembangunan masjid di Tanah Karo.

Tahun 2018 ini selain melaksanakan agenda tahunan, juga akan melaksanakan bakti sosial berupa sunatan masal dengan target peserta 200 orang yang akan bekerjasama dengan salah satu rumah sakit swasta di Medan.

Kepengurusan Komunitas ABS terdiri dari:

Pembina : Kombes Agus Susanto, AKBP Indra Warman, AKBP M Saleh,

AKBP Zainal Abidin, AKBP (P) Sujarno

Ketua : Rizaldi dari Minerva Riders Community (MRV) Medan

Wakil Ketua : Bambang aditya dari Vario Independent club (VIC) Medan

Sekjen : Annisa Sabhira dari Honda Sonic Owner Indonesia (HSOI) Medan

Bendahara : Cindy

Humas : Koko wijaya, Kiki sunarya

Div Sosial : Deny

Div Touring : Awaluddin

Anggota klub : MRC, HSOI, KAMI 150, SMR, VIC, BAIC, BVMC, BUSI, BPKB
YRC SUMUT, BROI, HBCM, CRCM, SGCI, HSFCM, IRCM,

AOC, INDAKA, VRCI, MTB, YHSC, KPK, NAXI, CMC,

PIPA crew, PARAMEDIC, YR15CI @mdn, SBSH, BIC, PDS,

ARCI, FIS, K3.

Alamat Sekretariat : Jl Rahmadsyah no 34 Medan

Syarat-syarat untuk bergabung dengan paguyuban ABS adalah sebagai berikut:
1. Haruslah merupakan sebuah club/komunitas sepeda motor, tidak bisa secara individu.

2. Memiliki AD/ART yang jelas.

3. Tertib berlalu lintas.

Persyaratan Menjadi anggota Asosiasi Bikers Sumut

Mengenai syarat-syarat untuk bergabung dengan ABS ini Rizaldi juga menambahkan,

“untuk komunitas yang ingin bergabung dengan ABS kami persilahkan dan untuk saat ini tidak dipungut uang pendaftaran dan iuran bulanan, tapi kemungkinan kedepannya akan ada iuran bulanan. Jadi dalam hal jika ada yang ingin bergabung dengan ABS, kami meminta club mereka untuk aktif dahulu di beberapa kegiatan yang diadakan oleh ABS ini, dari situ dapat dilihat komitmennya apakah bersungguh sungguh atau tidak untuk bergabung. ” Ucapnya.

Mengenai keuangan untuk kegiatan ABS, selama ini berdasarkan kesepakatan bersama dan donasi dari masing-masing club yang tergabung di ABS, dan juga di support dari berbagai donatur dan sponsor tetap ABS.

Beberapa komentar komunitas yang tergabung di ABS tentang Asosiasi Bikers Sumut (ABS)

Hendro selaku ketua Aerox Owner Club (AOC) Medan mengatakan,

“kalau menurut saya ABS ini baik, kegiatan-kegiatan yang dilakukannya positif, mulai dari pelatihan safety riding, baksos ke panti-panti asuhan dan menjalin kerjasama yang baik dengan pihak kepolisian. AOC bergabung dengan ABS sejak bulan November 2017 kami mau bergabung karena kegiatan-kegiatan yang dilakukannya selalu positif dan tujuannya sama seperti tujuan saya pada saat membentuk AOC, yaitu menyadarkan masyarakat tentang betapa pentingnya untuk mentaati peraturan lalu-lintas.” Katanya.

Selanjutnya Dani selaku ketua Honda Sonic Owner Indonesia (HSOI) Medan mengatakan,

“ABS merupakan binaan langsung dari Ditlantas Poldasu, HSOI Medan bergabung di ABS sejak November 2016, kami mau bergabung karena hal-hal positif yang dilakukan oleh ABS, banyak paguyuban di Medan tapi hanya ABS yang menjadi pilihan HSOI. ABS didirikan oleh AKBP Purn Sujarno yang bertujuan untuk mendidik bikers-bikers untuk tertib berlalu-lintas dan dapat menjadi panutan di masyarakat, dimana komunitas motor bukanlah geng motor atau begal”. Ucapnya.

Benk selaku ketua Vario Independent Club (VIC) Medan mengatakan,

“Kami bergabung di ABS ini karena asosiasi ini dibentuk dan dikomandoi oleh pembina dari Ditlantas Poldasu langsung. Kami sendiri bergabung sejak pertama kali ABS ini dibentuk dan didirikan. Kegiatan kegiatan yang dilakukan sangatlah baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa kegiatan yang telah kami ikuti selama ini seperti, safety riding dan peduli keselamatan berlalu-lintas ke sekolah-sekolah, kegiatan bakti sosial, bencana alam, panti asuhan dan lain-lain.” Katanya.

Untuk harapan kedepannya mengenai ABS ini Rizaldi selanjutnya mengatakan,

“Saya harap nantinya ABS mampu mengayomi serta menyatukan club-club sepeda motor yang ada di Sumatera Utara”. Pungkasnya. (TM Herryansyah)

379 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment