Astronom Mengklaim Telah Menemukan Planet Pengganti Bumi

topmetro.news – Apakah ada kehidupan di luar Bumi? Lebih ekstrim lagi, apakah manusia bisa pindah ke luar Bumi, atau apakah ada planet pengganti Bumi?

Baru-baru ini, sejumlah astronom mengklaim, telah berhasil menemukan sebuah planet seukuran Bumi yang berpotensi untuk menopang kehidupan. Planet itu bernama ‘Proxima b’ bergerak di Orbit Proxima Centauri berjarak 4,2 tahun cahaya dari sistem solar Bumi.

‘Proxima b’ ditemukan menggunakan perangkat dari European Southern Observatory (ESO) bernama La Silla High Accuracy Radial di Chili. Sebagaimana dilansir Space, ‘Proxima b’ terletak di zona yang dapat dihuni oleh manusia di Orbit Proxima Centauri.

BELUM ADA JAMINAN

Meski begitu, para astronom sendiri tidak memberikan jaminan bahwa Planet ‘Proxima b’ benar-benar sanggup menopang kehidupan manusia di masa depan. Mereka masih belum mengetahui atmosfer dan elemen pembentuk dari planet tersebut.

“Dalam tata surya kita, planet berukuran kecil atau sebagian besar terbuat dari batu. Namun di tata surya lain, kita belum benar-benar mengetahuinya,” kata Bruce Macintosh, Profesor Fisika di Universitas Standford.

Ia menambahkan bahwa keadaan ‘Proxima b’ masih belum diketahui apakah akan seperti Bumi atau seperti Neptunus dengan atmosfer yang luas dan gas hidrogen, ataupun Jupiter yang merupakan kombinasi dari es dan air.

Faktor yang menjadi kemungkinan dapat dihuninya ‘Proxima b’ ialah karena Orbit Proxima Centauri merupakan bintang yang cukup aktif. Selain itu, jarak ‘Proxima b’ dari bintangnya hanya sekira lima persen jarak antara Bumi dengan matahari. Dengan begitu, planet tersebut memiliki aliran X-ray sekira 100 kali lebih besar daripada aliran yang diterima Bumi dari matahari.

Sementara itu, belum diketahui apakah ‘Proxima b’ kemungkinan memiliki medan magnet seperti Bumi yang dapat melindungi dari level radiasi eksoplanet.

Jika Planet ‘Proxima b’ tidak memiliki atmosfer, maka suhu di sana akan menjadi lebih dingin dengan temperatur yang diperkirakan mencapai minus 40 derajat Fahrenheit. Namun jika sebaliknya, itu berarti planet tersebut memiliki sumber air di permukaannya yang menandakan bisa dihuni oleh manusia. (TM-RED)

sumber: okezone.com

Related posts

Leave a Comment