Belanda Tawarkan Bantuan Petani Sawit

bantuannn-petani-sawit

Topmetro.news – Tawaran bantuan petani sawit datang dari Belanda. Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebutkan bantuan itu diberikan sebagai bantuan petani sawit dan sejumlah masalah lingkungan hidup.

Luhut Panjaitan menerangkan di Jakarta, Jumat (27/4/2018), tawaran itu disampaikan Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerja Sama Pembangunan Belanda Sigrid Kaag saat bertemu dengannya di Den Haag, Kamis (26/4).

“Menteri Kaag menanyakan apa yang bisa dibantu negaranya untuk membantu petani, khususnya petani sawit agar bisa melakukan praktik bertani yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Karena yang diminta oleh banyak orang adalah kelapa sawit berkelanjutan,” ujarnya.

Luhut Panjaitan mengaku kedua pihak telah sepakat untuk melanjutkan pertemuan membahas hal itu.

Bantuan Petani Sawit dari Perusahaan Multi Nasional

Menurut Luhut Panjaitan, Kaag sebenarnya sudah menyatakan niatnya untuk hadir dalam seminar yang akan menghadirkan bukan saja petani rakyat, tetapi juga unsur-unsur dari Parlemen Eropa, lembaga swadaya masyarakat (LSM), perusahaan-perusahaan multi-nasional pengguna produk kelapa sawit dan negara-negara produsen sawit.

Managemen Pengolahan Daur Ulang

“Menteri Kaag juga menawarkan untuk mambantu kita dalam melakukan manajemen pengolahan dan daur ulang limbah plastik. Saya sampaikan bahwa sudah ada perusahaan Belanda yang ikut melakukan hal ini di Sungai Citarum dan ia bersedia memberikan bantuan jika ada yang masih dibutuhkan dalam hal ini.” (tmn)

sumber: antara

Related posts

Leave a Comment