Besok, 72 Wartawan Terima Kartu Anggota PWI Sumut

72 wartawan

topmetro.news – Sedikitnya 72 wartawan Sumut dari media cetak, online, radio, televisi akan menerima Kartu Anggota PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) yang di serahkan di Hotel Garuda Plaza Medan, pada Kamis (2/8/2018) besok.

Sebelum menerima kartu, mereka juga mendapat pembekalan tugas kewartawanan dalam rangka peningkatan kualitas dan profesionitas wartawan dari Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Ilham Bintang, Gubernur Sumut terpilih H Edy Rahmayadi dan Wakilnya H Musa Rajekshah serta Pj. Gubernur Sumut Eko Subowo dijadwalkan nenghadiri dan membuka pembekalan wartawan tersebut.

Ketua PWI Sumut H Hermansjah didampingi Sekretaris Edward Thahir, Wakil Ketua Bidang Organisasi Khairul Muslim mengatakan, sebanyka 72 wartawan penerima kartu PWI merupakan hasil seleksi penerimaan calon anggota Muda  dan kenaikan status Anggota Muda-Biasa yang dilakukan‎ beberapa bulan lalu.

“Sebagai organisasi wartawan yang terbanyak memiliki anggota mencapai 800 orang di Sumut, PWI tetap mengacu pada PD, PRT PWI dan selektif dalam rekruitmen calon anggota. Selain punya kualitas, kapasitas juga soal integritas‎ atau moral menjadi nomor satu,” kata Hermansjah.

Persyaratan menjadi Anggota PWI semakin selektif karena wajib lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang memiliki tingkatan yakni, Muda (Wartawan), Madya (Redaktur), Utama (Redaktur Pelaksana, Pemimpin Redaksi).

“Artinya, wartawan yang belum lulus UKW atau punya sertifikat kompeten, maka tidak diterima menjadi Calon Anggota PWI. Itupun wartawan mesti mengikuti ujian penerimaan calon anggota baru/muda susuai amanat PD,PRT PWI,” sebut Herman.(TM/ERRIS/REL)

Related posts

Leave a Comment