You are here
Bungkam Meksiko, Brasil ke Perempatfinal Piala Dunia 2018 Olahraga 

Bungkam Meksiko, Brasil ke Perempatfinal Piala Dunia 2018

topmetro.news – Timnas Brasil sukses melenggang ke perempatfinal Piala Dunia 2018, setelah membungkam Timnas Meksiko dengan skor 2-0, pada laga babak 16 besar di Samara Arena, pada Senin (2/7/2018) malam WIB. Neymar Jr jadi bintang kemenangan Brasil dengan sumbangan satu gol dan satu assist.

Brasil membuka keunggulan di awal babak kedua, tepatnya di menit 51. Neymar dengan mudah mencocor bola cross-shot yang dilepaskan Willian untuk menjadi gol.

Gol kedua Brasil pun lahir dengan proses yang hampir mirip. Kali ini Neymar yang memberi assist. Cross-shot sang megabintang berhasil disontek dengan mudah oleh Roberto Firmino yang masuk sebagai pemain pengganti. Di babak delapan besar, Brasil pun akan menghadapi pemenang laga 16 besar antara Belgia vs Jepang dini hari nanti. Laga bakal dihelat 7 Juli mendatang di Kazan Arena.

Brasil memegang kendali permainan di awal babak pertama. Tim asuhan Tite itu juga lebih banyak mengambil inisiatif serangan. Meski demikian, serangan-serangan balik Meksiko cukup membuat lini pertahanan Brasil kerepotan.

Brasil menciptakan peluang pertama mereka pada menit kelima, ketika tendangan keras Neymar dari luar kotak penalti berhasil diblok kiper Meksiko Guillermo Ochoa.

Meksiko kemudian ganti mengancam di menit 13. Berawal dari umpan silang Carlos Vela, Hirving Lozano berhasil lolos ke kotak penalti Brasil. Tapi, usaha penyerang PSV itu untuk melepaskan tendangan berhasil diblok Filipe Luis.

Meksiko sendiri patut berterima kasih kepada Ochoa yang dengan sangat baik menjaga gawang timnya tidak kebobolan di babak pertama. Total, Ochoa melakukan tiga penyelamatan penting di paruh pertama.

Salah satu penyelematan penting Ochoa terjadi pada menit 25 ketika menggagalkan peluang Neymar. Penyerang Paris Saint-Germain itu berhasil melewati dua pemain Meksiko dan melepaskan tendangan dari sudut sempit, tapi sukses diblok Ochoa.

Pada menit 33, giliran tendangan Gabriel Jesus diblok Ochoa. Setelah melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti Meksiko, Gabriel Jesus melepaskan tendangan mendatar yang berhasil diblok Ochoa. Bola rebound juga tidak mampu dimanfaatkan Philippe Coutinho. Hingga babak pertama usai, skor imbang tanpa gol tetap bertahan.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Brasil langsung tancap gas. Serangan bergelombang dilancarkan tim berjuluk Selecao itu. Setelah tendangan Coutinho diblok Ochoa pada menit 48, Brasil akhirnya memecah kebuntuan pada menit 51 setelah Neymar mencetak gol.

Neymar berhasil menyontek bola sodoran Willian setelah Jesus gagal meneruskan bola. 1-0 Brasil unggul!

Brasil sebenarnya memiliki banyak peluang untuk meraih kemenangan besar. Tapi, Ochoa memang tampil luar biasa di partai ini. Ia menggagalkan sejumlah peluang emas Brasil di babak kedua. Ochoa menggagalkan peluang bagus dari Paulinho di menit 57 dan Willian di menit 64.

Setelah kedua tim saling jual beli serangan, Brasil akhirnya mengadaskan perlawanan Meksiko pada menit 88. Firmino berhasil mencetak gol, hanya dua menit setelah dirinya masuk lapangan sebagai pemain pengganti. Striker Liverpool itu dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang kosong setelah cross-shot Neymar tak bisa dibendung Ochoa. Skor 2-0 untuk Brasil bertahan hingga laga usai.(TMN-YOFE)

89 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment