You are here
Cara Menulis Online untuk Mendapatkan Uang dari Internet, Nih Rahasianya! Ekonomi & Bisnis 

Cara Menulis Online untuk Mendapatkan Uang dari Internet, Nih Rahasianya!

Topmetro.News – Banyak cara mendapatkan uang dari internet. Salah satunya menulis online. Tapi tahukah Anda apa rahasia menulis online? Menulis, sebenarnya pekerjaan yang tidak terlalu sulit. Sepanjang Anda fokus dan mau untuk terus berlatih, Anda bakal jadi penulis andal di internet.

Jika tulisan Anda tampil di halaman utama mesin pencarian google, otomatis tulisan Anda banyak pembacanya. Google bisa memastikan bahwa tulisan (artikel) Anda salah satu yang terbaik dari ribuan pesaing yang ada. Dengan begitu, sebenarnya Anda sudah bisa mendapatkan uang yang banyak.

Pekerjaan menulis di online, sebagian digunakan masyarakat sebagai pekerjaan sampingan (job site). Namun tidak sedikit orang menjadikan pekerjaan menulis online sebagai profesi dan menjadikan profesi ini sebagai sumber mata pencaharian utama.

Sejujurnya banyak penulis-penulis di kalangan kita yang cukup potensial. Mungkin tidak begitu faham bagaimana caranya. Sehingga hobby menulisnya tidak tersalurkan secara nyata. Paling sekadar menulis di koran-koran. Padahal kesempatan maupun potensi menulis di online, sangat terbuka lebar. Bahkan uang yang Anda peroleh, ketika menekuni profesi menulis online, jauh lebih besar dibanding penghasilan yang Anda terima dari perusahaan surat kabar.

Sekadar ilustrasi, di sejumlah perusahaan persuratkabaran di Kota Medan (Sumatera Utara), penulis hanya dihargai sekitar Rp150.000 hingga Rp200.000 per tulisan. Padahal jika Anda menjadi penulis online, penghasilan Anda pasti lebih banyak.

Perbandingannya, jika Anda menulis di koran-koran, tulisan Anda praktis hanya dibaca sebatas jumlah oplah cetak di media itu. Tapi jika Anda menulis online, tulisan Anda berpotensi viral hingga mendunia, bukan?

Ada banyak manfaat yang kita peroleh menekuni dunia menulis online ini. Selain tulisan Anda viral ke belahan dunia, nama Anda tentu ikut tersohor. Figur Anda cepat tenar.

Sudah banyak publik figur yang berhasil dari latarbelakang sebagai penulis online. Banyak juga diantara mereka yang duduk di lembaga legislator negeri ini. Semua itu lantaran namanya sudah tenar (terkenal). Karena sejujurnya agar seseorang menjadi tenar, butuh biaya besar untuk mempublikasikan, mengkampanyekan diri.

Untuk mempersingkat penjelasan, Topmetro.News ingin memberi tips kepada Anda bagaimana mendapatkan uang dengan cara menulis online. Rahasia menulis ini juga cocok untuk kaum pemula. Tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu hal yang baru, bukan?

Menulis di Blog Pribadi

Sebelum lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui dulu di mana tempat Anda menulis. Umumnya penulis online banyak menulis di blog pribadinya. Di situ penulis bisa menuliskan apa saja. Setelah beberapa kali menulis di blog, para blogger biasanya mempublikasikan sendiri lewat media sosial yang ada, salah satunya Facebook.

Jika tulisannya berbobot dan menginspirasi banyak orang, tentu pembacanya pun banyak pula. Nah, blogger tinggal mendaftar ke Google, membuat permohonan. Blog yang terdaftar  di Google akan diseleksi. Di situlah Google akan menilai tulisan Anda, berkualitas atau tidak. Jika berkualitas, ini saatnya menuai rezeki. Kantong Anda segera terisi
uang dari konten iklan yang disisipkan Google di tulisan Anda.

Namun, perlu Anda ketahui, menulis online jangan coba-coba menjadi seorang plagiator (plagiarism), maksudnya menyadur dan mencampurkan artikel orang lain ke tulisan. Karena bagaimana pun kepintaran Anda dalam hal menyadur, Google akan mengetahuinya. Karena Google punya mesin otomatis untuk mengetahui apakah tulisan Anda asli (original) atau cuma sekadar saduran. Jadi tulisan Anda harus benar-benar bersifat original, murni!

Menulis di Toko Online

Seiring perkembangan zaman saat ini, tren belanja online sudah semakin meningkat. Konsumen kini tidak perlu membuang-buang waktu untuk berbelanja ke pasar maupun mall atau plaza.

Dengan aplikasi yang ada di ponsel, cukup pesan, lalu pesanan di antar ke konsumen, dimana pun lokasinya. Jadi dengan belanja online, konsumen sudah semakin dimanjakan, bisa berbelanja di mana saja, dan dapat diantar ke rumah di manapun alamatnya.

Nah, ini kesempatan besar untuk Anda sebagai penulis online. Kesempatan Anda sangat terbuka lebar untuk menulis di toko-toko online yang ada. Bahkan sambil menulis,  Anda berkesempatan untuk menjual produk di toko online itu. Lama kelamaan, Anda jadi pengusaha bukan?

Jika seandainya Anda kurang yakin, mungkin Anda bisa searching di internet dengan kata kunci ”mendapatkan uang dari internet dengan menulis di toko online”. Atau Anda bisa mengunjungi www.ContentWritter.com. Website ini berani membayar mahal setiap artikel yang Anda tulis.

Nah, sebenarnya banyak media perusahan atau toko online yang siap menampung tulisan Anda. Beberapa toko online mampu memberi honor yang cukup fantastis. Anda tinggal mendaftar di sana. Jika perusahaan itu sudah menyetujuinya, Anda sudah resmi menjadi penulis online.

Rahasia Menulis Online

Banyak penulis kita yang memang bisa menulis, namun tidak memahami rahasia menulis online. Kebanyakan para penulis yang ada hanya berpedoman pada rumus 5W + 1H. Padahal sesuai era global jurnalisme saat ini, rumus itu tidak cukup. Maksud 5W + 1H itu ”What (apa), Why (kenapa/mengapa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana) dan How (bagaimana)”. Sejatinya di era jurnalisme yang serba canggih saat ini, jurus jitu itu tidak cukup sampai di situ saja. Sebaiknya gunakan rumus 5W + 1H + 1S. S maksudnya di sini, ”Sale” (nilai jual).

Artinya, tulisan Anda harus mengandung sale, bernilai jual tinggi. Jika artikel Anda tidak berbobot, tak bernilai jual, percayalah tidak akan ada orang yang baca tulisan Anda. Jadi untuk menciptakan artikel yang berbobot, harus punya nilai jual yang tinggi pula, sehingga menjadi inspirasi bagi setiap orang yang membaca artikel Anda.

Untuk panduan menulis artikel online, Anda bisa simak di sini.

Mungkin cukup sekian tips atau rahasia menulis online. Rahasia ini bisa diikuti menjadi panduan sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Semoga rahasia ini menginspirasi Anda dengan harapan Anda bisa bisa menjadi penulis online ternama. Mana kala ada pertanyaan dari pembaca, Topmetro.News senantiasa siap menjadi mitra Anda berkonsultasi secara gratis seputar rahasia menulis online. Semoga! (TM/ART)

238 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment