Cara Merawat Kulit Normal Agar Tetap Cantik

cara merawat kulit normal

topmetro.newsCara merawat kulit normal memang tidak sesulit merawat jenis kulit lainnya. Jika Anda memiliki kulit normal, maka Anda termasuk orang beruntung. Itu karena kulit normal sebenarnya tidak membutuhkan perawatan dan keahlian khusus. Yang anda butuhkan adalah sebuah perawatan ringan untuk mempertahankan kenormalan kulit anda.

Kulit normal merupakan jenis kulit yang cara perawatannya terbilang mudah dibandingkan dengan perawatan jenis kulit lainnya. Berbeda dengan jenis kulit kering yang terlihat kusam, kulit normal akan tampak lebih cerah dan berseri.

Baca juga artikel sebelumnya tentang : Cara memutihkan kulit sesuai jenisnya

Meskipun demikian, pada keadaan tertentu kulit normal juga berpotensi sedikit berminyak dan kering di beberapa bagian. Namun jenis kulit normal ini jarang sekali dihinggapi masalah-masalah kulit seperti jerawat atau iritasi.

Kulit anda akan disebut normal jika kadar memiliki kadar kelembabannya yang cukup, pori-pori lebih kecil dan tekstur kulit lebih halus. Sehingga kulit normal memang terkesan sempurna dan tidak memerlukan perawatan ekstra.

Lalu apakah kulit normal menjadi tidak butuh perawatan?

Seperti disebutkan di atas, memang tidak butuh perawatan khusus, tetapi tetap saja harus ada perawatan dan penjagaan kesehatannya secara rutin agar terhindar dari bakteri dan radiasi yang dapat merusaknya.

Cara Merawat Kulit Normal

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa kulit normal tidak membutuhkan perawatan yang intensif. Namun untuk menjaga agar kondisinya tetap baik, anda juga harus melakukan perawatan yang rutin, Berikut beberapa cara merawat kulit normal yang dapat anda lakukan dirumah :

Rajin membersihkan wajah

Membersihkan wajah secara teratur adalah yang paling utama dilakukan. Terutama setelah beraktivitas untuk membersihkan wajah dari debu atau setelah menggunakan kosmetik untuk menghilangkan sisa kosmetik, juga sebelum mandi. Pakai sabun mandi dan pembersih muka ringan. Telapak tangan harus keadaan bersih ketika membasuh wajah. Gunanya agar kotoran di tangan tidak berpindah ke kulit wajah.

Atur ritme pembersihan

Berikutnya adalah mengatur rentang waktu yang tepat untuk membersihkan wajah. Poinnya, jangan terlalu sering dan jangan terlalu jarang. Membersihkan wajah sekali sehari atau keseringan, bisa menimbulkan masalah bagi kulit normal. Malas akan membuat kotoran dan sel kulit mati, sehingga wajah mudah berjerawat dan kusam. Kalau terlalu sering berpotensi menjadikan kulit wajah kering atau malah berminyak.

Jangan gunakan scrub atau sikat pembersih

Cara merawat kulit normal selanjutnya adalah hindari menggunakan scrub atau sikat pembersih kulit karena berpotensi merusak kulit.

Pilih produk kecantikan ringan

Kulit normal memang sangat mudah beradaptasi dengan kosmetik jenis apa pun. Namun meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan jenis atau kandungan bahan produk kecantikan yang digunakan. Pilih pelembab wajah ringan, memiliki kelembaban seimbang, dan mengandung antioksidan. Untuk pembersih wajah, Anda sebaiknya memilih pembersih yang mengandung air, karena lebih lembut.

Hapus make up sebelum cuci wajah

Usai menggunakan make up, bersihkan dulu riasan dengan pembersih make up. Ini gunanya agar sisa-sisa make up terangkat sempurna dari wajah dan tidak menyumbat pori-pori kulit wajah. Pastikan langkah-langkahnya sudah tepat. Setelah itu, baru bersihkan wajah dengan sabun pencuci muka.

Gerakan memutar saat membersihkan

Cara merawat kulit normal memang tidak terlalu khusus. Namun tetap juga membutuhkan perawatan tepat agar kesehatannya tetap terjaga. Salah satu cara sederhana merawat kulit normal yang bisa anda lakukan sendiri adalah dengan melakukan gerakan tangan memutar ketika membersihkan wajah. Yakni mulai dari tengah wajah, ke atas, samping, lalu ke bawah. Selain untuk relaksasi, gerakan ini juga untuk mengangkat keluar kotoran-kotoran di pori-pori kulit wajah.

Kebiasaan baik dan gaya hidup sehat

Terakhir dan terpenting adalah gaya hidup. Meski kulit normal, tapi perlu juga didukung dengan gaya hidup yang sehat. Untuk itu, Anda disarankan mengkonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan segar, yang bermanfaat untuk kulit dan kaya antioksidan. Lalu penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Kemudian jaga waktu istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi badan dan kulit tetap sehat dan bugar.

Itulah beberapa cara merawat kulit normal yang dapat anda lakukan sendiri dirumah. Jika anda memiliki jenis kulit kering, silahkan baca panduan cara perawatannya disini : Cara mengatasi kulit kering.

Selamat mencoba! (TM-ART)

Related posts

One Thought to “Cara Merawat Kulit Normal Agar Tetap Cantik”

Leave a Comment