You are here
Cek Kesehatan, Polda Sumut Kawal Ketiga Paslon Gubsu Politik 

Cek Kesehatan, Polda Sumut Kawal Ketiga Paslon Gubsu

TOPMETRO.NEWS – Dir Sabhara Polda Sumut Kombes Pol. Makmur Gunting selaku Kasatgas Preventif memonitor kegiatan pemeriksaan kesehatan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut pada hari Kamis (11/1/2018). Ketiga Paslon Gubsu tersebut menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Kota Medan.

Sebanyak 1 pleton personil Dit Sabhara Polda Sumut yang terdiri dari 30 orang bersiaga di sekitar RSUP Adam Malik.

Dir Sabhara Polda Sumut, Kombes Pol Drs Makmur Ginting juga turun langsung memonitor jalannya kegiatan.Hal ini dilakukan guna memastikan kegiatan berjalan dengan kondusif.

“Pengamanan di sekitar RSUP Adam Malik akan terus dilakukan hingga kegiatan pemeriksaan kesehatan selesai,” kata mantan Kabd Propam Polda Sumut itu.

Hasil Hasil Cek Kesehatan Segera Diumumkan KPU Sumut

Sementara itu hasil penelitian dokumen berkas dan pemeriksaan kesehatan kepada 3 (tiga) pasangan bakal calon (balon) gubernur-wakil gubernur Sumatera Utara (Cagubsu-Cawagubsu) yakni Edy Rahmayadi-Musa Rajeck Shah, JR Saragih-Ance Selian dan Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus yang sedang berlangsung akan segera diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara.

“Segera kita umumkan sesuai jadwal pada 17-18 Januari 2018 untuk hasil penelitian berkas dan hasil pemeriksaan kesehatan dari tim terpadu di RSU H Adam Malik,” jelas Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga kepada Koran TOP METRO (grup TOPMETRO.NEWS) pada hari Kamis (11/1/2018) saat berada di ruang rapat KPU Sumut.

Dari seluruh proses itulah, KPU Sumut selanjutnya pada 17-18 Januari 2018 akan menyerahkan hasil-hasil tersebut kepada tim / pasangan bakal calon.

”Kalau tes kesehatan itu kewenangan tim terpadu terasuk didalamnya dari ikatan dokter Indonesia (IDI) yang kemudian akan menyimpulkan si calon itu mampu atau tak mampu,” terangnya.

Nah, dijelaskannya, dalam proses penelitian dokumen berkas yang sedang berjalan tersebut, akan diketahui kemungkinan adanya kekurangan berkas berdasarkan ketentuan di peraturan KPU saat ini.

”Dan, kalau ada ditemukan tak penuhi syarat ini disampaikan agar diperbiki, termasuk koalisi partai politik itu mencari pengganti bakal calon itu,” ungkapnya.

Cek di BNNP Sumut

Demikian juga, ucapnya, untuk para meter pemeriksaan kesehatan, pada tahun ini pihak Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut mendapat tempat untuk memeriksa dugaan konsumsi narkoba dari ketiga bakal calon itu.

”Sekarang untuk periksa bebas narkoba BNNP Sumut yang kompeten, karena untuk hal itu mereka ada metode. Sedangkan rekam medik si calon apakah masih bisa menjalankan tugas hingga 5 tahun menjabat itu juga tugas tim terpadu,” pungkasnya.(TM/07/11)

394 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment