Disdukcapil Sumut Gelar Bimtek untuk Optimalkan Perekaman Penduduk

disdukcapil sumut

topmetro.news – Optimalkan perekaman data penduduk, Disdukcapil Sumut menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) pendaftaran penduduk dan pengelolaan administrasi kependudukan bagi aparatur kabupaten/kota.

“Bimtek atau dikenal bimbingan teknis, artinya hal-hal yang berkaitan dengan teknis. Sehingga diharapkan setelah acara ini, para peserta yang ikut sudah memiliki keterampilan. Dan lebih bercaya diri lagi dalam melakukan perekaman dan pencatatan data penduduk,” ujar Kadis Dukcapil Provsu Drs M Ismael Parenus Sinaga MSi saat membuka bimtek, Rabu malam (19/9/2018), di Fave Hotel Jalan S Parman Medan.

Sejauh ini, kata Ismael, perekaman penduduk di Sumut masih mencapai 92 persen. Targetnya, diharapkan bisa sesuai dengan permintaan pusat, perekaman sudah harus mencapai minimal 95 persen di akhir tahun 2018. “Untuk itu, harus kita kejar. Untuk mengejarnya, kita perlu berinovasi dan memperkuat keahlian SDM kita yang melakukan pencatatan,” katanya.

Belum lagi, lanjut Ismael, perekaman penduduk semakin urgen untuk dilaksanakan lebih cepat mengingat waktu pelaksanaan pileg dan Pilpres 2019 semakin dekat. Diharapkan agar tidak ada masyarakat yang harus kehilangan hak pilihnya akibat masalah perekaman.

Kerja Keras Disdukcapil Sumut

“Tidak lelah kita bekerja keras untuk ini. Bahkan di Hari Minggu pun, kita dan staf turun melakukan perekaman ke desa hingga dusun. Kita yang menjemput bola. Tujuannya hanya untuk bagaimana supaya mempercepat kinerja layanan ini sesuai dengan Permen Kemendagri Nomor 19 tahun 2018,” jelasnya.

Kepada peserta, Ismael berharap untuk memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya. Sehingga, ketika kembali ke daerah nantinya ilmu yang didapat bisa disosialisasikan di dinas masing-masing. Juga bisa pula diaplikasikan ke lapangan saat melakukan perekaman.

Sementara ketua penyelenggara sekaligus Kabid Fasilitasi Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sumut Drs Edi Sampurna Rambe MSi menjelaskan tentang arti penting diselenggarakannya bimtek ini.

“Salah satu tujuan pentingnya kita mengadakan bimtek ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan aparat kabupaten/kota. Khususnya dalam bidang pendaftaran penduduk, seperti menerbitkan dokumen kependudukan,” terangnya.

Lebih lanjut, Edi menjelaskan, pendaftaran dan perekaman penduduk teramat penting. Karena menyangkut tentang keabsahan dan kepastian hukum identitas masyarakat. “Semoga, pembekalan teknis untuk SDM kita menjadi salah satu upaya yang membantu terwujunya data kependudukan yang akurat, terkini. Dan dapat dipergunakan untuk berbagai kepentingan,” harapnya.

Bimtek berlangsung selama tiga hari sejak Rabu (19/9/2018) hingga hari ini, Jumat (21/9/2018). Peserta 66 orang, terdiri dari seorang kabid dan seorang kasi membidangi pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil di kabupaten/kota se-Sumut. Narasumber adalah Benny Cahyadi SSTP MSi dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI. (TM-ERRIS)

Related posts

Leave a Comment