You are here
Dispora Sumut Laksanakan Pelatihan Paskibraka 2018 Komunitas 

Dispora Sumut Laksanakan Pelatihan Paskibraka 2018

topmetro.news – Menjelang Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Dispora Sumut), melaksanakan pelatihan Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibra) tingkat Sumut 2018, yang diikuti sebanyak 66 pelajar dari 33 Kabupaten/kota se-Sumut berlangsung, Kamis (02/08/2018) di Aula Kampus Lembaga Pendidikan Perkebunan Medan.

Kadispora Sumatera Utara, H Baharuddin Siagian, SH, MSi ketika membuka secara resmi pelatihan Paskibraka menyampaikan, hendaknya para peserta yang masuk dalam pelatihan Paskibraka ini memiliki kebanggan tersendiri, karena banyak pemuda yang di luar sangat menginginkan untuk dapat ikut di palatihan ini. Tentunya, kepada 66 peserta pelatihan agar kiranya untuk serius mengikuti seluruh pelatihan, dengan materi yang diberikan oleh tentor. ” Kalian (para peserta-red) tidak hanya memiliki kebanggaan diri sendiri, melainkan membanggakan keluarga, nama sekolah dan nama daerah asal. Untuk itu, saya harapkan jangan mengecewakan mereka, ikutilah setiap materi yang diberikan dengan memiliki keinginan yang kuat untuk tampil bagi pada 17 Agustus tepat dihari Kemendekaan Republik Indonesia,” sebut Baharuddin.

Selanjutnya Baharuddin Siagian menyampaikan, dengan mengikuti pelatihan ini benar-benar dituntut untuk ditempat disiplin yang tinggi. Sebab, ke-66 peserta ini ditempah untuk menyamakan satu fikiran dalam hal kerjasama, dan kekompakan dalam hal baris berbaris. ” Pada tangga 17 Agustus nanti, ribuan bahkan jutaan masyarakat Sumatera Utara menyaksikan penampilan kalian. Jadi dimulai dari pelatihan inilah dituntut keseriusan dengan menerapkan disiplin yang tinggi,” ujarnya.

Baharuddin juga menuturkan, bagi 66 peserta nantinya merupakan ujung tombak menjadi contoh bagi rekan-rekannya di daerah masing-masing. Selain meneruskan cita-cita bangsa untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), juga dituntut sebagai contoh teladan baik itu di lingkungan seputar tepat tinggal dan sekolah, sebagai duta anti narkoba serta kenakalan remaja yang saat ini marak terjadi, seperti begal dan sex bebas.

” Kami juga mengharapkan, usai mengikuti pelatihan ini, hendaknya kedisiplinan diterapkan dimulai dari rumah yakni, keluarga serta lingkungan sekolah dapat menjauhi prilaku yang negatif seperti narkoba, begal dan sex bebas,” ucap Kadispora Sumut, H Baharuddin Siagian dihadapan seluruh peserta calon Paskibrakan, yang dihadiri juga Sekretaris Dispora Sumut, Rudi Rinaldi, S.Sos, Kabid Bina Kepemudaan, M Tohir, Kabid Bina Keolahragaan, Rusli serta seluruh pengajar (tentor).

Menampah Karakter Disiplin

Sebelumnya, Komandan Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata Kodan I/BB, Letnan Kolonel Kav Syamsul Arifin, SE, M.Tr (Han) dalam hal ini diwakili P Siregar menyatakan, sebelumnya telah ditekankan dalam mengikuti pelatihan Paskibraka ini, tidak hanya ditempah mengerti akan baris berbaris. Melainkan dalam pelatihan ini juga menempah manusia yang memiliki karakter disiplin, kerjasama dan kekompakan satu sama lain yang tinggi. Sebab hal ini dilakukan, untuk dapat menyelesaikan tugas dengan baik pada pelaksanaan, di tanggal 17 Agustus di hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia.

” Mulai saat ini tanamkan diri kalian (peserta paskibraka-red) optimis yang tinggi, untuk menjadi insan yang memiliki disiplin yang tinggi. Agar, dikehidupan mendatang akan berjalan dengan baik. Tentunya, kerjasama dan kokompakan satu sama lain di dalam pelatihan ini, sangat diperlukan. Mustahil jika kita bekerja sendiri dengan hasil yang baik, jika tidak menerapkan kerjasama dan kekompakan. Hal itu haruslah ditaman sejak saat ini,” ucapnya.

Dalam Kesempatan yang sama, DPD KNPI Sumut dalam hal ini dihadiri, Budi Nasution mengatakan, kehadiran peserta pelatihan Paskibraka ini merupakan perwakilan dari seluruh kabupaten/kota se-Sumatera Utara. ” Tentunya, kami dari DPD KNPI Sumut sangat mengharapkan seluruh peserta pelatihan, agar benar-benar serius mengikuti seluruh materi pelatihan yang diberikan para pelatih,” katanya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan Paskibraka, Reikhana Syahbi menyampaikan, untuk tahun 2018 ini jumlah peserta pelatihan sebanyak 66 orang terdiri dari 36 putra dan 30 putri yang berasal dari 33 kabupaten/kota se-Sumatera Utara, dengan menghadirkan 7 orang pelatih dari TNI dan Polri serta dari Purna Parkibraka. Dalam pelatihan ini seluruh peserta diasramakan di Asrama Kampus Lembaga dimulai sejak 31 Juli hingga 19 Agustus 2018. (TM-YOFE)

94 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment