You are here
Tubuh Manusia Telah Lewati Empat Tahap Evolusi Internasional 

Tubuh Manusia Telah Lewati Empat Tahap Evolusi

topmetro.news – Sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Penelitian itu memuat sebuah hasil penelitian terkait perkembangan evolusi manusia dari masa ke masa.

Disebutkan, analisa terhadap beberapa fosil purba berusia 430.000 tahun yang ditemukan di Spanyol menunjukkan, bahwa tubuh manusia telah melewati empat tahap evolusi utama.

Riset yang melibatkan sejumlah peneliti lintas negara itu menganalisis ukuran dan bentuk tubuh manusia yang ditemukan di situs purbakala Sima de los Huenos. Daerah ini berada di Sierra de Atapuerca, Spanyol bagian utara.

Diperkirakan berusia sekitar 430.000 tahun, situs itu menyimpan fosil manusia terbanyak di dunia hingga saat ini.

Dalam penelitian itu, para peneliti menemukan bahwa manusia-manusia purba di Atapuerca relatif tinggi, berbadan lebar, penuh otot. Selain itu massa otaknya lebih kecil jika dibandingkan dengan spesies manusia Neanderthals, spesies yang hanya ditemukan di Eropa.

Empat Tahap Evolusi

Manusia Atapuerca mempunyai banyak kesamaan dengan Neanderthal, yang tak dimiliki oleh manusia modern saat ini. Analisis terhadap tulang belulang selain tekngkorak kepala (postcranial) menunjukkan bahwa fosil itu lebih dekat hubungannya dengan Neanderthal.

“Ini sangat menarik karena menunjukkan bahwa proses evolusi manusia yang dilewati genus kita sangat ditandai terutama oleh stasis (minimya perubahan evolusioner) pada bentuk tubuh,” kata Rolf Quam, ilmuwan dari Binghamton University, AS, yang terlibat dalam riset itu.

Hasil perbandingan fosil Atapuerca dengan fosil manusia lainnya menunjukkan bahwa evolusi tubuh manusia sudah melewati empat tahap.

Manusia Atapuerca sendiri adalah jenis manusia yang berada di tahap ketiga evolusi manusia. Jenis ini muncul dengan ciri tubuh tinggi, lebar, kekar, dan menunjukkan bahwa mereka berjalan di darat dengan dua kaki. Bukan bergelantungan di pohon.

Bentuk tubuh ini mirip dengan genus manusia lebih tua, Homo Erectus. Bentuk tubuh ini bertahan pada Genus Homo selama lebih dari sejuta tahun. Sampai akhirnya spesies Homo Sapiens alias manusia modern muncul. Homo Sapiens punya tubuh tinggi, ramping, dan ringan. (TM-RED)

sumber: SC

85 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment