Facebook Diblokir, UKM Bakal ‘Meradang’

facebook diblokir

Topmetro.news – Facebook diblokir mengakibatkan kerugian besar terhadap usaha mikro kecil menengah (UMKM). Permasalahan baru akan muncul lagi di kalangan pengusaha kecil jika Facebook diblokir. Karena sejauh ini media sosial ini digunakan sebagai tempat promosi dan pemasarannya.

“Kami menolak Fb diblokir, karena sebagian besar UMKM memanfaatkan media sosial itu dalam promosi dan pemasarannya,” kata Ivanry Matu, Wakil Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Sulawesi Utara, Kamis (19/4/2018).

Dia mengatakan penutupan Facebook selain memunculkan masalah baru dan akan merugikan pelaku usaha yang sering menggunakan Facebook sebagai sarana penjualan.

“Facebook kini menjadi tempat menciptakan jutaan entrepreneur di Indonesia utamanya Sulut, saya kurang setuju jika diblokir. Media sosial sudah menjadi salah satu pasar online yang gratis bagi pelaku usaha, banyak pelaku UMKM juga sudah menjadikan Facebook sebagai tulang punggung,” katanya pula.

Facebook Mudah Digunakan

Menurutnya, Facebook merupakan media sosial yang mudah untuk digunakan dari segala kalangan umur, sehingga menjadi tempat yang strategis bagi pengusaha untuk memperkenalkan dan menjual?produk hingga ke tangan konsumen.

“Facebook itu gratis, pengunaannya sangat gampang, jadi tepat menjadi perantara konsumen dengan produsen,” ujarnya.

Ivanry mengatakan Facebook sebagai media sosial tidak bisa dihindari pada era digitalisasi dan globalisasi? Pastinya ada kelebihan dan kekurangannya.

“Yang perlu kita cari tahu dan perbaiki atau antisipasi kekurangan dan dampak buruknya, sedangkan yang bagus kita tingkatkan karena harus diakui Facebook sangat membantu para UMKM naik kelas bahkan mendorong pergerakan dunia usaha ke arah yang lebih baik dan meningkat,” katanya lagi.

Related posts

Leave a Comment