You are here
Ini Fitur Penting di Mobil yang Sering Terabaikan Otomotif 

Ini Fitur Penting di Mobil yang Sering Terabaikan

topmetro.news – Seiring berkembangnya teknologi, fitur-fitur yang ditersemat pada sebuah mobil semakin banyak. Saking banyaknya, tidak semua fitur di mobil bisa dihapal oleh si pemilik kendaraan.

Defogger

Hal ini bisa membuat pengguna mobil kerap mengabaikan salah satu fitur di mobil yang sebenarnya penting. Salah satunya adalah defogger. Fungsinya adalah menjaga kaca agar tidak berembun.

Umumnya, defogger diaktifkan ketika turun hujan. Pada kondisi tersebut, suhu di luar mobil lebih dingin ketimbang di dalam kabin. Hal inilah yang memicu munculnya embun di kaca.

Padahal, embun ini dapat memicu kecelakaan. Pasalnya, visibilitas atau daya pandang pengendara berkurang akibat embun pada kaca mobil.

Fitur ini terbilang cukup penting mengingat hujan mulai mengguyur wilayah Indonesia. Oleh karena itu, jangan sampai lupa aktifkan fitur ini saat hujan.

defogger
defogger

Kunci Otomatis

Seperti sepeda motor, kemudi mobil juga dapat dikunci otomatis. Pengoperasian fitur di mobil bernama ‘steer lock’ ini terbilang mudah, namun tidak banyak diketahui orang.

Setelah mematikan mobil, pengendara harus memutar kunci ke posisi ‘lock’ agar bisa dicabut. Saat di posisi ini, setir dapat dikunci dengan cara memutarnya sebesar 60 derajat hingga timbul suara mengunci.

Cara ini sebenarnya cukup banyak menimbulkan keraguan. Soalnya, setir yang diputar saat mobil dalam keadaan mati dianggap akan merusak komponen power steering.

Namun, menurut lama resmi Nissan Motor Indonesia, penggunaan ‘steer lock’ tidak akan merusak komponen ‘power steering’ karena tidak memiliki keterkaitan.

Jika memang begitu, lantas apa fungsi dari kunci setir ini?

‘Steer lock’ sendiri berfungsi sebagai fitur keamanaan. Soalnya, dibutuhkan kunci agar setir dapat kembali bekerja normal. Hal ini tentunya akan mengurangi risiko terjadinya pencurian kendaraan.

Selain itu, dengan mengunci setir, kendaraan yang terparkir di jalan menanjak atau turunan akan lebih aman.

Dengan mengunci setir ke arah trotoar, kemungkinan terjadinya insiden yang tak diinginkan seperti mobil meluncur bebas secara tak sengaja dapat terhindar.

Inilah dua fitur di mobil yang seharusnya sangat penting namun sering diabaikan. (TM-RED)

sumber: liputan6.com

120 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment