You are here
Pencucian Reservoir dan Pemasangan M-Flow Meter Ganggu Distribusi Air Info Metro 

Pencucian Reservoir dan Pemasangan M-Flow Meter Ganggu Distribusi Air

topmetro.news – Gangguan distribusi air akan terjadi, terkait pencucian Reservoir di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Hamparan Perak, pada Jumat (19/10/2018). Pada saat bersamaan juga dilakukan pemasangan Magnetic Flow Meter 300 mm di lokasi serupa.

“Pengerjaan pencucian reservoir tersebut dalam rangka menjaga kualitas air yang didistribusikan kepada pelanggan,” kata Kepala Sekretaris Perusahaan PDAM Tirtanadi, Jumirin kepada wartawan, Rabu (17/10/2018).

Ia menjelaskan, pencucian Reservoir IPA Hamparan Perak dilaksanakan mulai Jumat pukul 09.00 WIB pagi. Pencucian dilakukan secara bertahap sekat per sekat untuk meminimalkan gangguan pelayanan kepada pelanggan. “Reservoir IPA Hamparan Perak ada dua sekat dan dikerjakan secara bergantian agar pelayanan kepada pelanggan tidak terganggu,” ujar Jumirin.

Selama pencucian dua sekat Reservoir IPA Hamparan Perak ini kapasitas produksi hanya mengalami penurunan sekitar 20 liter/detik. Namun pada saat pencucian ruangan pompa yang direncanakan dikerjakan mulai pukul 20.00 WIB malam, maka IPA Hamparan Perak stop produksi.

Memanfaatkan kondisi yang mengharuskan stop produksi tersebut, pada saat yang sama PDAM Tirtanadi juga melakukan pemasangan Magnetic Flow Meter di pipa transmisi 300 mm jalur air keluar IPA H. Perak. “Agar gangguan pelayanan tidak berulang maka kami memanfaatkan situasi pencucian reservoir dengan memasang Magnetic Flow Meter 300 mm di IPA Hamparan Perak,” kata Jumirin.

Gangguan Distribusi Air

Keseluruhan pekerjaan pencucian reservoir dan pemasangan Magnetic Flow Meter tersebut diperkirakan selesai pukul 02.00 WIB dinihari Sabtu (20/10./2018).

Penurunan produksi IPA Hamparan Perak yang disebabkan pencucian sekat reservoir di pagi sampai sore Jumat (19/10/2018) maupun akibat stop produksi IPA Hamparan Perak karena pencucian ruangan pompa dan pemasangan Magnetic Flow Meter pada Jumat malam Sabtu, mengakibatkan gangguan pendistribusian air di beberapa wilayah pelayanan Cabang Belawan maupun Cabang Medan Labuhan.

Ada pun wilayah yang mengalami gangguan distribusi air, baik kualitas, kuantitas maupun kontinutas sebagai berikut. Jalan Hamparan Perak sekitarnya, Perumahan Griya Marelan, Jalan Young Panah Hijau, Gang Wakaf, Gang Pasar Nippon, dan Jalan Titi Pahlawan. Lalu Gang Titit Manaf, Jalan Babul Ridho, Gang Bengkel, Lorong Sekolah, Gang Ikhlas, Jalan Pembantu Walikota Lingkungan 3 dan 4. Serta Jalan Abdul Sani Mutalib sekitarnya, Jalan Marelan Raya.

Jumirin juga menginformasikan bahwa IPA Hamparan akan beroperasi kembali pada dinihari Sabtu (20/10/2018). Namun karena pengisian pipa dan pemerataan tekanan memerlukan waktu lama maka distribusi air kepada pelanggan baru akan normal pada siang hingga sore Sabtu (20/10/2018).

“Kami mohon maaf atas gangguan ini. Ini harus kami lakukan untuk menjaga kualitas air kepada pelanggan. Pelanggan kami yang mengalami gangguan air dapat menyampaikan keluhannya ke cabang terkait. Atau melalui Halo Tirtanadi ke Nomor 1500922,” tutup Jumirin. (TM-ERRIS)

60 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment