You are here
Jadwal Lengkap Pertandingan Piala Dunia 2018 Rusia Olahraga 

Jadwal Lengkap Pertandingan Piala Dunia 2018 Rusia

topmetro.news – Jadwal pertandingan piala dunia 2018 ini kami tampilkan untuk anda para pecinta sepak bola, agar dapat memudahkan untuk mengagendakan pertandingan di ajang sepakbola terbesar empat tahunan ini. Sekira dua bulan lebih ke depan pagelaran terakbar di cabang sepakbola Piala Dunia 2018 Rusia ini bergulir, tepatnya dimulai pada 14 Juni 2018 dan berakhir 15 Juli 2018 di Rusia.

Event yang banyak ditunggu-tunggu oleh jutaan penggemar sepakbola di jagat ini, akan tertuju ke Negeri Beruang Putih atau Negeri Tirai Besi itu, bakal menjadi saksi timnas mana yang terhebat di pesta olahraga sepakbola empat tahunan itu dengan titel juara Piala Dunia 2018 Rusia. Memang olahraga sepak bola menjadi salah satu olahraga yang selalu populer di setiap negara mana pun. Di tahun 2018 ini tentunya menjadi tahun penentuan timnas sepakbola, dari negara 32 negara yang tampil menjadi di Piala Dunia 2018 kali. Segala persiapan tentu dilakukan oleh peserta, karena menjuarai Piala Dunia merupakan satu gengsi tertinggi untuk cabang sepakbola.

Rusia salah satu negara terkuat di dunia itu, akan menjadi pusat perhatian dunia. Bukan pameran senjata ataupun kekuatan bala tentara yang dimiliki Rusia. Tapi, untuk menjadi saksi mata siapa yang akan terhebat di cabang olahraga sepakbola, akankah juara baru lahir di Piala Dunia kali ini. Atau akankah negara yang terkenal akan sepakbolanya tetap menjadin yang terbaik di even kali ini? Kita lihat saja nantinya.

Sejak Desember 2010 silam, badan organisasi tertinggi sepakbola dunia Federation of International Football Association (FIFA) mengumumkan Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, setelah menyingkirkan Qatar sebagai pesaing terberatnya. Rusia langsung berbenah untuk menyambut kepercayaan itu, dimulai dari perehapan dan pembangunan stadion baru, serta memperbaiki infrastruktur sebagai pendukung utama bahwa Rusia benar-benar siap menjadi tuan rumah.

Keseriusan Rusia

Keseriusan telah diperhatikan pemerintah Rusia dalam menyambut sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 ini. berbagai penunjang untuk mensukseskan even ini. Seperti yang telah dilaksanakan Pemerintah Rusia menata rapi tempat-tempat khalayak ramai seperti pusat perbelanjaan, wisata kota karena rusia terkenal dengan banyaknya bagunan-bangunan tua nan unik.

Dan yang tak kalah pentingnya, Pemerintah Rusia mengemas habis tempat wisata seperti  Semenanjung Kamchatka adalah salah satu tempat wisata di Rusia yang sangat menarik dan unik untuk Anda kunjungi. Hingga saat ini ada banyak versi dari asal usul nama Kamchatka. Dari sekitar 20 versi asal usul, ada satu versi yang paling dipercaya yang mana menyebutkan bahwa nama itu berasal dari nama sungai yang mengalir melalui wilayahnya.

Selain itu, daya tarik utama dari tempat wisata di Rusia ini adalah keberadaan gunung berapi. Setidaknya ada sekitar 300 gunung berapi dan hingga saat ini ada kurang lebih 30 gunung berapi yang masih dalam keadaan aktif. Dan masih banyak lagi tempat wisata di Rusia yang menakjubkan untuk memikat wisatawan singgah, selain menyaksikan langsung Piala Dunia di negara itu.

Berdiri Stadion Megah

Keseriusan Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 ini benar-benar diperlihatkan, sebanyak 11 kota yang ada di Rusia sudah berdiri 11 stadion megah, sebagai tempat pertandingan dari utusan sebanyak 31 negara, plus tuan rumah yang lolos piala dunia akan unjuk kebolehan. Keseluruhan stadion yang akan dipakai pada Piala Dunia itupun, telah dinyatakan lolos verifikasi dari FIFA, dan seluruhnya memiliki titel bertaraf internasional.

Stadion sepakbola menjadi sarana terpenting bagi tuan rumah Piala Dunia 2018 ini. federasi sepakbola Rusia RSF, PSSI-nya Rusia beserta pemerintah bahu-membahu untuk membangun baru serta melakukan renovasi stadion yang telah ada dan dianggap sejarah. Lantas dengan kerjasama tersebut, federasi sepakbola dunia FIFA, telah menyatakan Negara Rusia telah siap untuk melaksanakan pagelaran Piala Dunia 2018 ini.

Atas keputusan dari FIFA tersebut, pemerintah dan rakyat Rusia merasa sangat gembira dengan keputusan FIFA tersebut. Mereka mulai dari pejabat negara hingga rakyat biasa, mendukung dengan adanya piala Dunia di negera mereka. Segala persiapanpun dilakukan pemerintah serta dibantu rakyat Rusia, yang menginginkan dalam pelaksanaan Piala Dunia 2018 meraih dua sukses yakni sukses dalam pelaksanaan serta sukses dalam prestasi. Untuk kami menampilkan tempat dan nama stadion yang akan menjadi sarana Piala Dunia 2018 di Rusia masing-masing:

11 Stadion Tempat Pertandingan Piala Dunia 2018

Stadion Luzhniki (Kota Moskwa)

Di Kota Moskwa telah berdiri megah dua stadion yang memiliki nama Stadion Luzhniki, berkapasitas 81.000 ribu tempat duduk penonton, dan Stadion Spartak berkapasitas 45.360 ribu tempat duduk penonton. Stadion ini merupakan tempat pembukaan Piala Dunia 2018 yang akan menyajikan pagelaran spektakuler, dan akan menjadi stadin bersejarah bagi rakyat Rusia.

Stadion Sankt-Peterburg (Kota Sankt-Peterburg)

Ada beberapa stadion di Rusia berdiri di kawasan pinggir laut alias pantai. Salah satunya berada di Kota Sankt-Peterburg, stadion ini memiliki pemandangan indah yang mengarah ke laut lepas. Stadion Sankt-Peterburg ini berkapasitas 68.134 ribu tempat duduk penonton, bukanlah stadion baru, melainkan salah satu stadion bersejarah bagi rakyat Rusia. Kini stadion tersebut telah bersolek habis menyambut piala dunia ini.

Stadion Kaliningrad (Kota Kaliningrad)

Tampaknya pemerintah Rusia sangat serius mendukung untuk mensukseskan Piala Dunia ini. Hal itu terbukti, telah dibangunnya stadion baru terletak di kota Kaliningrad yang memiliki nama Stadion Kaliningrad berkapasitas 35.212 ribu tempat duduk penonton tersedia disana.

Stadion Kazan Arena (Kota Kazan)

Stadion Kazan Arena yang terdapat di Kota Kazan sangat indah terlihat. Sebab, selain karena bentuk stadion yang unik, stadion ini juga berdiri kokoh di pinggir laut Kota Kazan. Stadion ini memiliki kapasitas 45.379 ribu tempat duduk penonton. Dan stadion ini merupakan stadion yang menjadikan beberapa pesepakbola tampil di beberapa liga klub eropa.

Stadion Nizhny Novgorod (Kota Nizhny Novgorod)

Satu lagi federasi sepakbola Rusia dan pemerintah bekerjasama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 baik. Satu lagi stadion megah berdiri kokoh di Kota Nizhny Novgorod. Stadion yang memiliki nama Nizhny Novgorod Stadium ini memiliki kapasitas 44.899 ribu tempat duduk penonton itu, merupakan stadion baru dibangun yang dianggarkan pemerintah Rusia.

Stadion Cosmos Arena (Kota Samara)

Bukan hanya itu saja stadion baru yang dibangun pemerintah Rusia, melainkan terdapat di Kota Samara yang memiliki nama Cosmos Arena atau Samara Arena, dengan memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 44.918 ribu. berdiri kokoh di dekat pelabuhan dan pemukiman warga, stadion ioni tetap mengutamakan fasilitas dengan keaman yang tercanggih.

Stadion Volgograd Arena (Kota Volgograd)

Stadion ini telah dilakukan renovasi besar-besaran, terdapat di Kota Volgograd berada persis di tepi laut, merupakan stadion yang sangat dibanggakan oleh rakyat Rusia. Memiliki kapasitas 45.568 ribu kursi penonton, stadion ini memiliki fasiltas terbaik dibeberapa stadion yang ada di dunia, dengan memiliki nama Volgograd Arena.

Stadion Mordovia Arena (Kota Saransk)

Mordovia Arena merupakan salah satu stadion terbaru dibangun Pemerintah Rusia, terdapat di Kota Saransk stadion yang berbentuk roti donat itu memiliki kapasitas kursi penonton sebanyak 44.442 ribu.

Stadion Rostov Arena (Kota Rostov na Donu)

Rupanya Pemerintah Rusia tak hanya sampai disitu saja memberikan dukungannya, satu lagi berdiri kokoh stadion baru yang terletak di Kota Rostov na Donu ini memiliki nama Rostov Arena tampak indah dengan bangunan persegi empat, memiliki fasilitas yang tak kalih hebatnya dari stadion lainnya. Rostov Arena sendiri memiliki kapastitas 45.000 ribu kursi penonton.

Stadion Olimpiade Fisht (Kota Sochi)

Stadion Olimpiade Fisht yang terdapat di Kota Sochi ini memiliki bentuk yang sama dengan namanya Fisht yang berarti ikan. Bentuk stadion ini pula sangat mirip dengan bentuk ikan, dengan atap terbuka seakan ikan tersebut sudah dibelah, memiliki kapasitas kursi pentonton sebanyak 47.659 ribu unit.

Stadion Ekaterinburg Arena (Kota Yekaterinburg)

Dan yang terakhir, Stadion Sentral atau Ekaterinburg Arena ini terdapat di Kota Yekaterinburg ini, mengalami penambahan kapastias dan fasilitas sebagai pendukung untuk menambah stadion ini ddinilai megah, memiliki kapasitas 35.696 kursi penonton telah berdiri megah di inti kota.

Pertandingan Pembuka Piala Dunia 2018

Sebagai penghargaan tuan rumah Rusia akan melakoni pertandingan pembuka Piala Dunia 2018 menghadapi Arab Saudi di Stadion Luzhniki Kota Moskwa pada 14 Juni 2018 mendatang.

Tentunya, dalam pertandingan pembuka melawan Arab Saudi, sang arsitek Timnas Rusia, Stanislav Cherchesov telah mewanti-wanti kepada seluruh pemainnya, untuk tidak menganggap enteng Arab Saudi yang memiliki permainan cepat.

Stanislav Cherchesov bersama punggawanya tetap memiliki ambisi besar untuk meraih 3 poin dengan kemenangan, di pertandingan perdana itu nantinya. Dengan mengandalkan pemain seperti, Aleksandr Kokorin, Fedor Smolov dan Aleksey Miranchuk, bagi sang pelatih Stanislav Cherchesov percaya kemenangan bisa dicapai, asalkan tak menganggap enteng lawan. Sebab, setiap tim yang tampil Piala Dunia, bukanlah tim yang mudah untuk dikalahkan.

Sebanyak 32 timnas yang tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia yang akan dimulai 14 Juni 2018 tersebut, harus melewati fase penyisihan grup untuk mencapai dan lolos ke fase atau babak 16 besar. Sebanyak 8 grup yang diisi 4 tim akan berjibaku untuk saling mengalahkan, agar mendapatkan posisi sebagai juara dan runner-up grup yang secara langsung lolos ke babak 16 besar.

Pembagian Grup Piala Dunia 2018

jadwal pertandingan piala dunia 2018

Untuk mengisi dimasing-masing grup sebanyak 4 tim, telah dilakukan drawing oleh organisasi sepakbola tertinggi di dunia FIFA pada 1 Desember 2017 lalu di Moskow, Rusia. Dan hasil drawing tersebut telah mengisi setiap grup dimulai dari grup A hingga H. Dari delapan grup yang sudah ditentukan itu, ada yang menarik dalam pembagian grup tersebut terjadi di grup B. Dimana Cristiano Ronaldo yang membela negaranya Portugal, akan bersua dengan Timnas Spanyol

Seperti diketahui, sudah beberapa tahun sejak kepindahannya dari Manchester United, Ronaldo memperkuat Real Madrid salah satu tim yang memiliki nama besar. Secara totomatis dalam pembagian grup itu, Ronaldo akan bersua dimana dirinya bermain di La Liga Spanyol. Namun, siapapun pemain sepakbola yang bermain di luar liga atau kompetisi di negaranya, harus menunjukkan profesional yang tinggi. Sebab, profesional yang tinggi merupakan wajib ditunjukkan oleh setiap pemain, seperti apa yang dihapi Ronaldo di Piala Dunai 2018 nanti.

Bagi pemain profesional seperti Cristiano Ronaldo harus ditunjukkan, karena negara adalah satu jati diri bagi pemain profesional, setiap rakyatnya harus membela negaranya baik itu di cabang sepakbola atau cabang olahraga lainnya, ketika membawa nama negara.

Moment Kebangkitan Sepakbola Rusia

Dengan dipercayakannya Rusia menjadi penyelenggara turnamen sepakbola terbesar di dunia ini, merupakan momen kebangkitan serpakbola di negera tersebut. Hal itu terlihat, masyarakat yang ada di Rusia dilanda demam sepakbola, baik itu di kota-kota besar, desa-desa maupun pelosok negeri yang ada di Rusia, ramai-ramai membangun lapangan sepakbola.

Lantas dengan adanya Piala Dunia 2018 ini, seluruh rakyat Rusia sangat menyambut hangat dengan adanya turnamen ini. Melalui pemerintah pusat Rusia telah jauh hari melaksanakan kampanye untuk memperkenalkan event ini kepada masyarakat. Tentunya dengan apa yang dilakukan pemerintah tersebut, seluruh masyarakat Rusia telah mendukung sepenuhnya akan kehadiran Piala Dunia 2018 di negera mereka.(TM-YOFE)

Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2018

jadwal pertandingan piala dunia

 

 

2158 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment