You are here
Jangan Sembarangan Bunuh Laba-Laba di Rumah Tekno 

Jangan Sembarangan Bunuh Laba-Laba di Rumah

topmetro.news – Mendengar kata laba-laba bisa membuat sejumlah orang menjadi geli. Sehingga tak dapat dipungkiri bahwa banyak orang ingin sebenarnya memusnahkan serangga tersebut dalam rumah mereka.

Alasan yang biasanya melatarbelakangi tindakan itu karena jaring hean ini dapat mengotori rumah ataupun mengganggu.

Namun, sebelum kamu melakukan hal itu, ada baiknya untuk berpikir dua kali. Hal itu disebabkan karena laba-laba bisa jadi hewan yang menguntungkan dan kebanyakan dari mereka tidak berbahaya.

“Laba-laba merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam lingkungan dan ekositem rumah,” ujar Matt Bertone, Entomologis atau ahli serangga kepada The Conversation.

Mereka bisa bermanfaat di rumah untuk memakan pestisida dan kebanyakan dari mereka juga tidak menimbulkan ancaman. Malahan mereka bisa membunuh sesamanya sendiri.

Laba-laba tersebut membuat jaring untuk menangkap mangsa, meliputi nyamuk, dan serangga pembawa wabah lainnya,

Semua Beracun

Berton juga menjelaskan bahwa sejumlah laba-laba yang masuk ke rumah bisa saja memang terjebak ataupun sebagai pengunjung sementara saja. Keterangan itu ia dapatkan setelah melakukan survei pada 50 rumah di North Carolina.

Dari situ ia tahu bahwa kebanyakan hewan ini dalam rumah merupakan sejenis Cobweb Spider dan laba-laba gudang atau Pholcidae.

Walaupun tidak berbahaya, Berton juga mengaku bahwa hampir seluruh jenis dari hewan ini adalah beracun. Tapi kebanyakan racun yang mereka miliki sangat lemah. Jadi tak mampu membuat masalah yang signifikan terhadap tubuh manusia.

“Laba-laba sebenarnya lebih memilih untuk menjauhi manusia. Kasus gigitan mereka bisa terbilang sangat jarang terjadi. Meski begitu, ada sedikit spesies seperti Widow Spiders dan Recluses yang dapat menyebabkan isu yang serius,” tulis Berton.

Jika kamu memang tidak suka dengan binatang ini, ada baiknya untuk tidak membunuhnya. Cara yang lebih aman dan manusiawi yakni dengan menangkap mereka dan melepaskannya di luar rumah supaya menemukan tempat baru. (TM-RED)

sumber: liputan6.com

77 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment