Bocah Pemanjat Tiang Bendera Diundang ke Jakarta

johanis adekalla

topmetro.news – Johanis Adekalla alias Joni Belu, diundang ke Jakarta oleh Menpora Imam Nahrawi. Dia adalah bocah yang dengan berani memanjat tiang bendera, karena pengait talinya macet saat Upacara HUT Ke-73 RI di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Imam Nahrawi, undangan itu akan segera disampaikan kepada bocah pemberani tersebut. “Saya kira nggak akan lamalah. Saya akan ajak Joni ke Jakarta,” katanya.

Johanis Adekalla rencananya akan diajak menonton salah satu cabang olahraga Asian Games 2018.

Sebagaimana yang ramai diperbincangkan, Johanis memanjat tiang bendera saat pelaksanaan upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di daerah itu. Aksi tergolong berbahaya itu, akhirnya mampu menyelamatkan prosesi pengibaran bendera yang sempat terhenti karena ada masalah pada pengait tali.

“Itulah sebuah tekad luar biasa. Bagi Joni mungkin tidak berbahaya tapi itulah tantangan dan Joni mengorbankan semuanya demi Merah Putih,” katanya.

Johanis Adekalla Jadi Pahlawan

Akibat aksi heroik itu, Nahrawi pun menganggap Johanis Adekalla sebagai pahlawan di peringatan hari kemerdekaan. “Kalau ada yang bertanya siapa pahlawan hari ini saya katakan adalah Joni Belu. Joni yang berasal dari Kabupaten Belu, Atambua yang tadi pagi telah menyelamatkan kita semua menyelamatkan bendera Merah Putih,” katanya.

“Karena inilah sesungguhnya figur dan idola baru kita. Dia tidak ada rasa takutnya kecuali Bendera Merah Putih diselamatkan dan bisa dikibarkan di perbatasan Atambua dan Timor Leste,” katanya.

Menurut Menpora, bentuk perjuangan masing-masing orang berbeda-beda. Sebagaimana para atlet misalnya berjuang di ajang Asian Games. Sedangkan Joni dengan membantu upacara pengibaran bendera berhasil baik.

“Joni secara nyata tanpa ada persiapan tanpa disuruh tanpa dipaksa dan bahkan ada yang minta dia turun ternyata tekadnya tidak pupus. Sebaliknya semakin bulat dia naik ke tiang paling tinggi dan menurut saya dialah pahlawan cilik yang patut kita berikan penghargaan,” katanya. (TMN)

Related posts

Leave a Comment