Jokowi di Medan, Hadiri Milad Istana Maimoon

jokowi-di-medan

Topmetro.News – Jokowi di Medan 24-26 Agustus 2018. Agenda itu terkait rencana pembukaan Milad Istana Maimoon ke-130. Menurut Ichsan yang juga cucu Sultan Ma`moen Al Rasyid itu, persiapan untuk perayaan dengan berbagai kegiatan itu sudah dilakukan bekerjasama dengan berbagai pihak.

“Milad ke-130 Istana Maimoon diharapkan sebagai momentum perubahan bagi Istana Maimoon untuk menunjukkan kejayaan budaya Melayu dan mendukung penuh kepariwisataan Kota Medan, Sumut dan Indonesia,” ujar Ketua Pembina Yayasan Sultan Ma`moen Al Rasyid HTM Ichsan Al-Rasjid di Medan, Senin (21/5/2018).

Mulai dari unsur pemerintah, Asosiasi Perusahaan Penyelenggara dan Pelaksana Acara (Appara) Indonesia, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia dan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut. “Jokowi di Medan membuka acara yang sarat dengan budaya dan seni Melayu ini,” katanya.

Ketua Umum Yayasan Sultan Mai`moon Al Rasyid (Yasmar) T Reizan Ivansyah menyebutkan, yayasan berkeinginan menjadikan Milad Istana Maimoon masuk dalam kalender Pariwisata Kota Medan, Sumut bahkan Indonesia.

“Selama ini milad Istana Maimoon terus dilakukan, tetapi kali ini benar-benar dilakukan sebaik-baiknya dan semeriah mungkin karena diharapkan ke depannya acara itu bisa menjadi kalender pariwisata Kota Medan, Sumut  bahkan nasional,” katanya.

Milad Istana Maimoon Undang Sejumlah Negara

Dia mengakui, Istana Maimoon sebagai lambang budaya Melayu yang didirikan pada tahun 1888 sudah dikenal, tetapi terus perlu dipromosikan untuk mengenalkan kebudayaan Melayu. “Di acara milad itu akan diundang sejumlah negara lain yang juga memiliki kerajaan Melayu seperti Malaysia dan untuk itu perlu kerja sama dengan Asita dan PHRI untuk membuat paket wisata di acara Milad ke-130 Istana Maimoon itu,” katanya.

Adakan Berbagai Lomba

Ketua Umum Appara Indonesia Hendra Gunawan Kaban menyebutkan, di acara milad itu selain menggelar atraksi budaya Melayu, juga ada berbagai lomba yang intinya untuk melestarikan budaya Melayu serta menjual makanan khas Melayu. “Acara itu direncanakan bisa membuat yang hadir benar-benar merasakan Melayu,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Medan Agus Suriono mengatakan, Pemko Medan mendukung rencana acara milad Istana Maimoon yang digelar secara akbar dan dibuka Presiden Jokowi.

“Dinas Pariwisata Medan mendukung penuh karena Medan memang membutuhkan banyak agenda pariwisata untuk dijual untuk menarik minat kunjungan wisatawan.” (tmn)

sumber: antara

Related posts

Leave a Comment