You are here
Kandungan Gizi Ikan Kembung yang Mengejutkan Kesehatan 

Kandungan Gizi Ikan Kembung yang Mengejutkan

topmetro.news – Kalau Anda penggemar ikan kembung, mungkin, Anda salah seorang yang beruntung. Sebab ternyata, kandungan gizi ikan kembung ternyata sangat bagus. Bahkan ikan rakyat ini punya kandungan Omega 3 yang lebih tinggi daripada ikan salmon.

Sebagaimana diketahui Omega 3 adalah asam lemak tidak jenuh ganda yang sangat dibutuhkan tubuh. Manfaat utama Omega 3 adalah memperbaiki kadar lemak dalam tubuh sehingga terhindar dari penyakit jantung koroner. Juga untuk menyehatkan mata, anti inflamasi, membantu penyerapan vitamin, sampai meningkatkan perkembangan anak

Omega 3 yang juga ada pada minyak kanola, walnut, kacang kenari, kacang kedelai, alpukat dan lainnya, juga dibutuhkan untuk janin, ibu hamil, serta anak-anak.

Dan kita sudah tahu, bahwa tak ada makanan lain yang kandungan Omega 3-nya paling baik selain dari ikan. Sementara, hingga saat ini, yang dianggap terbaik soal kandungan Omega 3 adalah ikan salmon.

Menang Image Kalah Kualitas

Akibatnya, selama ini, ikan salmon dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat. Hampir semua orang sudah menganggap ikan salmon adalah ikan kualitas terbaik. Dampaknya, image soal salmon menjadi tinggi dan harganya pun sangat mahal. Ikan salmon menjadi makanan istimewa dan mewah.

Padahal, keistimewaan ikan salmon hanya pada kandungan Omega 3-nya, yang sudah kadung dianggap yang terbaik. Sehingga ikan mewah yang didatangkan dari Amerika Serikat ini pun selalu diburu oleh kalangan berduit.

Dan nyatanya, kalau bicara soal Omega 3 yang katanya membuat ikan salmon menjadi mahal, sebenarnya malah kalah dengan kandungan gizi ikan kembung. Kandungan Omega 3 pada ikan kembung faktanya jauh lebih banyak.

Perbandingan Omega 3 pada ikan salmon dan kembung, berdasarkan hasil penelitian seorang ahli gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Dr Ir Diah M Utari MKes, nyaris dua kali lipat. Kandungan Omega 3 pada ikan kembung mencapai 2,6 g. Sementara ikan salmon hanya 1,4 g.

Bahkan menurut versi Wahyu Hardi Prasetiyo SSTG MPH RD ahli gizi dari RSUD Ulin Banjarmasin, kandungan Omega 3 pada ikan kembung tiga kali lipat daripada ikan salmon. Tiap 100 gram ikan kembung mengandung energi 162 kkal, protein 19,32gr, lemak tak jenuh 2,343 gr, zat besi 1 mg, dan kalsium 20 mg.

Tidak hanya urusan Omega 3, untuk masalah lemak tak jenuh rantai ganda yakni PUFA/Omega 9 maupun lemak tidak jenuh tunggal yakni MUFA/Omega 6, ternyata, ikan kembung juga unggul dari salmon.

Unggul di Kandungan Lainnya

ikan salmon
ikan salmon

Kedua jenis lemak yang digolongkan pada lemak baik itu, justeru lebih banya dikandung oleh ikan kembung, dibandikan salmon.

Sebagaimana diketahui, MUFA dan PUFA bermanfaat bagi kesehatan jantung. Juga menurunkan komplikasi penyakit terkait jantung, seperti stroke, aritmia, dan serangan jantung. Sedangkan MUFA juga berperan penting mengontrol kadar gula darah.

Memang salmon punya sedikit keunggulan pada dagingya berwarna kemerahan. Di situ terdapat pigmen karotenoid astaxanthin yang berfungsi sebagai antioksidan paling tinggi dan bisa meningkatkan kesehatan fisik. Daging kemerahan itu pun mengandung vitamin A lebih tinggi dibanding ikan-ikan lain.

Namun melihat keunggulan lainnya secara umum, maka bisa dikatakan, kandungan gizi ikan kembung jelas lebih berkualitas untuk kesehatan, dibanding ikan salmon.

Ini belum termasuk kandungan vitamin, seperti vitamin A dan vitamin D, yang bisa meningkatkan absorsi kalsium sehingga dapat membantu pemeliharaan tulang. Untuk urusan vitamin ini, rupanya ikan kembung juga tidak kalah dengan ikan salmon.

Sehingga agak mengherankan juga, kenapa orang selalu menganggap ikan salmon sebagai makanan istimewa, yang ternyata sebenarnya tidak istimewa kalau dibandingkan ikan kembung.

Permainan Strategi Dagang?

Orang rela membeli ikan salmon hingga ratusan ribu per kilo, sementara ikan kembung hanya puluhan ribu dan tak sampai Rp50 ribu satu kilo. Padahal, sebagaimana diuraikan di atas, kandungan gizi ikan kembung sebenarnya yang lebih baik.

Mungkin ini menjadi serupa seperti tempe/tahu dengan daging. Banyak ahli gizi menyebut, kandungan gizi pada tempe/tahu sebenarnya sama dengan daging. Tapi daging tetap dianggap istimewa.

Atau barang kali ada strategi dagang di balik tingginya citra ikan salmon dibanding ikan lokal? (TM-ART)

181 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment