You are here
Ridwan Kamil dan Khofifah Indar Parawansa Dukung Jokowi Nasional 

Ridwan Kamil dan Khofifah Indar Parawansa Dukung Jokowi

topmetro.news – Dua pemenang Pilkada Serentak, yakni Ridwan Kamil di Jawa Barat dan Khofifah Indar Parawansa, menyatakan berada di barisan pendukung Jokowi untuk Pilpres 2019.

Ridwan Kamil menyatakan siap mendukung pencapresan Joko Widodo pada 2019 setelah menang quick count Pilgub Jabar 2018. Pernyataan ini disampaikannya dalam salah satu program yang ditayangkan Kompas TV, yang dipandu Aiman Witjaksono, Rabu (27/6/2018).

Ridwan awalnya menjawab pertanyaan Aiman seputar isu dukungan cagub-cawagub Pilgub Jabar terhadap Jokowi untuk 2019. Emil lalu menegaskan akan mengikuti keputusan partai pengusungnya untuk Pilpres 2019. Dia lalu menyatakan tegas siap mendukung Jokowi pada 2019.

“Arahnya tentunya mendukung Pak Jokowi sesuai dengan aspirasi dari partai-partai yang menjadi pengusung saya dan Pak Uu,” tegas dia.

Dikritik Partai Gerindra

Partai Gerindra pun mengkritik sikap politik Ridwan Kamil (Emil) yang dinyatakan seusai pencoblosan pilkada itu.

“Tadi Kang Emil menyatakan secara resmi mendukung Pak Jokowi pada Pilpres 2019. Padahal, sebelum pemilihan, setiap ditanya media, Beliau menyatakan tidak benar mendukung Pak Jokowi dan belum memutuskan mendukung siapa,” ujar anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade kepada wartawan, Rabu (27/6/2018).

Andre mengatakan, andai sikap politik itu disampaikan lebih awal, dia yakin Emil tak akan mendapat suara seperti hasil quick count. Andre menduga sikap politik Emil mendukung Jokowi yang disampaikan seusai pencoblosan ini merupakan salah satu strategi meraup suara masyarakat yang diklaim Andre ingin mengganti presiden.

“Menurut kami, seandainya Kang Emil menyatakan dari awal sebelum pencoblosan bahwa beliau mendukung Pak Jokowi, kami meyakini bahwa suara Kang Emil akan lebih kecil dari sekarang,” ucapnya.

“Perbedaan sikap dari sebelum dan sesudah pencoblosan ini menunjukkan Kang Emil memang masih mengincar suara pemilih Jabar yang ingin #2019GantiPresiden. Kami menyayangkan ketidakjujuran Kang Emil dari awal ke masyarakat Jabar,” imbuh Andre.

Khofifah Siap Jadi Jubir

Khofifah Indar Parawansa sendiri merupakan jubir Jokowi saat bertarung pada Pilpres 2014. Lalu setelah memenangi quick count Pilgub Jatim, Khofifah pun menyatakan kembali bersedia menjadi jubir Jokowi pada pilpres tahun depan.

“Bu Khofifah, apakah Anda siap apabila kembali ditunjuk jadi jubir Pak Jokowi di Pilpres 2019,” tanya Najwa Shihab dalam acara ‘Mata Najwa’ yang ditayangkan langsung Trans7, Rabu (27/6/2018).

“Siap,” jawab Khofifah.

“Jadi Anda siap kembali memenangkan Pak Jokowi ya, Bu Khofifah, di Jawa Timur,” tanya Najwa lagi.

Mendapatkan pertanyaan kedua yang ini, Khofifah hanya tersenyum. Dia tidak memberikan jawaban sepatah kata pun.

“Tapi siap ya untuk menjadi jubir Pak Jokowi?” tanya Najwa.

“Siap. Jadi Mbak Nana (panggilan Najwa), saya Insyaallah mengenal Pak Jokowi. Beliau memiliki komitmen yang luar biasa. Mengenai percepatan sektor-sektor yang dibutuhkan untuk dilanjutkan untuk memberikan hasil-hasil pembangunan,” kata Khofifah. (TM-RED)

berbagai sumber

162 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment