You are here
Komunitas Xabre Owners Medan (Xomed) Komunitas 

Komunitas Xabre Owners Medan (Xomed)

topmetro.news – Yamaha Xabre merupakan salah satu motor sport yang dimiliki oleh Yamaha, motor ini secara resmi telah diluncurkan, pada akhir bulan Januari 2016 yang menjadi awal kelahiran dari motor sport bernama Yamaha Xabre 150. Sebenarnya motor ini telah lebih dulu diluncurkan di Thailand dengan nama M-Slaz.

Yamaha Indonesia tidak mau menggunakan nama ini karena dianggap kurang populer. Dan kurang menjual, sebagai gantinya digunakanlah nama Xabre. Walaupun namanya berubah, namun motor ini tetap menawarkan mesin canggih seperti yang dimiliki Yamaha MT-15 atau M-Slaz.

Nama Xabre sesuai dengan desain yang dianut oleh motor tersebut. Xabre itu artinya cahaya pedang, sesuai dengan garis-garis desain motor itu. Nama Xabre terinspirasi dari pedang cahaya light saber pada film Star Wars. Desain Yamaha Xabre juga menawarkan hal yang sama, hal ini bisa dilihat dari bodinya yang sangat agresif dan menggmbarkan sebuah motor sport modern dengan lekukan bodi yang runcing.

Spesifikasi Yamaha xabre

Yamaha Xabre 150 dipasarkan dalam 3 varian warna yang terdiri dari warna Matt Grey, Silver, dan warna Matt Black. Sedangkan rangka bodi berukuran panjang 1.959 mm, lebar, 795 mm, dan tinggi 10.65 mm. Untuk jarak sumbu rodanya memiliki ukuran 1.350 mm, dan memiliki ground clearance berukuran 164 mm. Spesifikasi tersebut membuat Yamaha Xabre akan sangat nyaman dikendarai, terutama bagi yang hobi touring ataupun berkendara jarak jauh.

Mesin Yamaha Xabre sudah mengadopsi teknologi SOHC dengan sistem pendingin cairan dan memiliki diameter x langkah berukuran 57.0 x 58.7 mm. mesin motor ini sangat cocok untuk dipakai dijalanan perkotaan yang padat, hal ini disebabkan oleh karena mampu berakselerasi dengan cepat dan memiliki tingkat konsumsi bahan bakar sangat irit. Selain itu, Yamaha juga menambahkan teknologi DiASil Cylinder & Forged Piston yang mampu meningkatkan daya tahan mesin agar bisa dipakai menjelajahi jalan raya lebih jauh lagi.

Bodi Xabre nampak kekar, untuk suspensinya, motor ini sudah dilengkapi dengan UpSide Down suspension untuk bagian depannya, ini yang menjadikan salah satu kelebihan Yamaha Xabre 150 yang tak dimiliki competitor lain dia dikelas 150cc. Suspensi depan tersebut memiliki langkah kerja 130 mm. Tak hanya itu saja, motor ini juga dilengkapi sistem suspensi terbaik, yakni dengan mengadopsi shock UpSide Down berwarna emas, yang membuat motor ini terkesan lebih gagah dan tampak semakin sporty.

Suspensi dikombinasikan dengan rangka Delta Box dan Swingarm bertipe Alumunium Die-Cast sehingga dapat membuat motor ini bisa bermanuver dengan stabil, dan semakin nyaman dikendarai. Sementara untuk sistem pengeremannya, sudah mengadopsi rem cakram yang ditempatkan pada ban depan berukuran 110/70-17 dan belakang 130/70-17.

Untuk ban, motor ini juga sudah menggunakan ban bertapak lebar hal ini sudah pasti akan meningkatkan stabilitas dari motor ini saat dipacu di jalan raya, sehingga bisa berkendara dengan nyaman melewati padatnya jalan raya. Namun sayangnya Yamaha Xabre belum dilengkapi sistem pengereman ABS.

Selain mempunyai fitur fuel injection yang dapat membuat minyak semakin irit, Yamaha juga menggunakan mesin berteknologi MotoGP yang membuat kinerja Yamaha Xabre semakin bertenaga dan memiliki akselerasi tinggi.

Komunitas Xomed  Tetap solid dan menjadi pelopor keselamatan berlalulintas

Saat ini pemilik Yamaha Xabre sudah banyak, hal ini dapat dilihat dari banyaknya motor ini berlalu lalang di jalan raya, bahkan komunitasnya sudah ada di beberapa daerah di Indonesia, untuk komunitas Kota Medan sudah terbentuk komunitasnya yang bernama Xabre Owners Medan (Xomed) yang bernaung di bawah Xabre Owners Indonesia (XOI) yang berpusat di Jakarta.

Xabre Owners Medan didirikan oleh Wendy Prasetya, Amir Fadillah Hasibuan, Toni Sukamto, Denis Pratama pada tanggal 25 Juli 2016, yang di deklarasikan dilapangan Tanjung Anom tanggal 20 Agustus 2017.

Susunan pengurus Xomed:

Penasehat : Iyar, AJ Rangkuti, Amir

Ketua : Fakroel

Wakil Ketua : Dian

Sekretaris : Raja

Humas : Andika

Divisi Touring : Syahrul Habibie

Tatib : Panji

Anggota,  Wendy prasetyo, Amir fadillah hasibuan, Toni sukamto, Dennis pratama, Andhika syahputra, Rifqi fauzi nasution, M Anhar syahpura luis, Nikmal hamdi, Yassar Zaky, Dian, Rudy sutrisno, Ahmad Afif, Faisal, Nurdin, Fatal, Fikri Fakrul rozi, Arie, Kacank, Chandra, Fadly, Imanuel rendy, Fikri nasution, M Iqbal, Alzuara M taruna, Muhammad Rafly, Dede khairul, Alvano, Marshal, Ryan.

Sekretariat : Simpang Jl Asrama II no 6 Teladan Barat

Kegiatan yang sudah dilakukan antara lain:

1. Deklarasi Xabre Owners Medan tanggal 20 /08/2017.

2. Mubes Xabre tanggal 23-24/09/2017..

3. Berbagi bersama Bikers Mitra Polri untuk korban pengungsian erupsi gunung Sinabung 2017

4. Aksi relawan untuk menanam pohon kotaku 2017

5. Touring ke Samosir 9-10 /12/2017

6. Touring ke Sabang 10/11/2017

Syarat-syarat untuk menjadi anggota:

1. Mempunyai unit Xabre.

2. Tidak ada uang pendaftaran, hanya Membayar iuran wajib Rp50.000 perbulan.

3. Rajin Kopdar dan Kosan.

4. Mempunyai SIM C.

5. Mentaati peraturan lalulintas.

6. Tidak ugal-ugalan.

Sebagai motor sport keluaran Yamaha, ada beberapa kelebihan yang dimilikinya, sehingga para anggota mempunyai alasan tersendiri mengapa mereka sangat suka dengan Yamaha Xaber tersebut.

Tentang Yamaha Xabre

Wendy misalnya selaku pendiri Xomed suka dengan xabre karena motor ini menunjukan kesan garang, dan yang pertama mengususng naked bike 150 cc with upside down yang identik dengan moge, ia mengaku membeli motor tersebut pada taanggal 20 Mei 2016 dengan harga OTR RP. 32.581.000, menurutnya selain berpenampilan garang, motor ini merupakan petarung jalannan yang handal di hampir setiap medan jalanan.

Andika selaku Humas di komunitas ini juga mengatakan bahwa menurutnya Xabre itu mempunyai bentuk yang unik, Xabre bukan motor sejuta umat dan motor ini sangat nyaman untuk dikndarai, ia mengaku membeli motor tersebut seharga Rp 32.000.000,- di tahun 2017.

Mengenai kelebihannya Andika mengatakan bahwa motor ini sudah mempunyai shock depan UD sport pertama yang menggunakan shock “Up Side Down”, pada saat dibawa untuk perjalanan jauh tidak pegal, karena posisi pengendaranya tegak, pada saat di tikungan juga satabil berkatshock USD tersebut.

Desainnya juga menrik seperti naked sport yang mengusung KTM Duke atau Ducati, dan semua fitur sudah menggunakan lampu LED , lampu depan, belakang speedo meter, kecuali lampu sign yang masih standard.

Fakroel selaku ketua Xomed mengatakan bahwa ketertarikannya dengan xabre karena, motor ini sangat nyaman untuk dipakai kemana saja baik jarak jauh maupun dekat. Selain itu shock pada motor ini sangat lembut sehingga tidak sakit untuk dikendarai. Bentuknya juga sporty dan enak untuk dipandang.

Menegenai harapannya kedepan Fakroel selanjutnya mengatakan” saya berharap Komunitas Xomed aka tetap solid dan menjadi npelopr keselamatan di jalan” Pungkasnya (TM Herryansyah)

898 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment