You are here
Forkopimda Gelar Konferensi Pers Terkait Situasi di Taput Daerah 

Forkopimda Gelar Konferensi Pers Terkait Situasi di Taput

topmetro.news – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tapanuli Utara gelar konferensi pers terkait keamanan dan ketertiban daerah dan pengawalan tahapan Pilkada Taput hingga paripurna. Acara digelar di Ruang Rapat Mini Kantor Bupati Tapanuli Utara, Sabtu (30/6/2018).

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi memberikan hak pilihnya melalui Pilkada Serentak 2018. Juga kepada penyelenggara pilkada, baik KPU, panwaslih, Polri, dan TNI jajarannya.

“Kami menyampaikan agar seluruh masyarakat dan paslon bupati/wakil bupati tetap menjaga suasana kondusif dan damai dan berlangsungnya seluruh proses tahapan pilkada. Mari kita berikan kesempatan dan rasa nyaman kepada KPPS, PPS, PPK, dan KPU untuk melaksanakan seluruh tahapan pilkada,” katanya.

Tempuh Jalur Hukum

“Sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan bahwa tanggal 28 Juni s/d 4 Juli adalah rekapitulasi perhitungan hasil suara di tingkat kecamatan/PPK. Dan selanjutnya tanggal 4 s/d 6 Juli 2018 yaitu tahapan rekapitulasi, penetapan dan pengumuman hasil perhitungan suara tingkat kabupaten,” sambung bupati.

Selanjutnya bupati menyampaikan, bahwa apabila ada masyarakat ataupun paslon yang merasa dirugikan dalam pelaksanaan pilkada, agar menempuh jalur hukum sesuai ketentuan yang berlaku. “Dan tidak melakukan aksi aksi anarkis yang menimbulkan suasana tidak kondusif dan merusak keharmonisan masyarakat yang diikat ‘dalihan na tolu’. Tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh intelektual agar menyampaikan pendapat yang menyejukkan suasana,” ujar bupati.

Kajari Taput Tatang Darmi SH MH menyampaikan, biarlah mereka melakukan tugas dari proses hukumnya. “Kami akan sangat hati-hati dan teliti dalam hal material dan formalnya,” ujar Tatang.

Kapolres Taput AKBP Horas Silaen menyampaikan bahwa kondisi Taput saat ini masih sangat kondusif. “Kami akan kawal proses tahapan Pilkada Taput hingga paripurna. Kami menghimbau agar masyarakat jangan cepat merespon berita media sosial yang belum tentu kebenarannya. Tindakan tindakan anarkis yang mengganggu kekondusifan suasana masyarakat Tapanuli Utara akan diproses,” tegasnya.

Kodim Dukung Polres

Dandim 0210 Rico Siagian dalam kesempatan utu menyampaikan keseriusan pihak aparat keamanan dalam menjamin keamanan dan ketertiban. “Saya memback up full tugas polres. Kami akan terus mengawal dan menjamin keamanan masyarakat Tapanuli Utara. Kami akan turun secara all out. Kami juga berharap media mampu meredam hoax di media sosial yang justeru akan menperkeruh suasana. Sajikan kebenarannya di media saudara-saudara. Kita utamakan keamanan dan ketertiban masyarakat Taput,” kata Rico.

Pimpinan DPRD Reguel Simanjuntak dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa bahwa pesta demokrasi sudah dilaksanakan dengan baik. “Kita harus junjung tinggi proses demokrasi. Kita semua bersaudara. Sudah lumayan banyak dana APBD yang kita alokasikan untuk pilkada ini. Jangan kita cederai. Saya berharap pers menjadi duta dalam menyampaikan informasi yang baik dan menyejukkan,” sebut Reguel.

Konferensi pers juga dihadiri pimpinan DPRD Taput Fatimah Hutabarat dan Sekda Taput Edward Tampubolon SE. Juga beberapa pimpinan OPD Pemkab Taput. (TM-ERRIS)

195 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment