Kontroversi Duterte Cium Bibir Setiap Wanita

rodrigo duterte

topmetro.news – Presiden Filipina Rodrigo Duterte jadi kontroversi gara-gara mencium bibir wanita WN Filipina di Korea Selatan. Ternyata, itu sudah jadi kebiasaan Duterte!

Duterte blak-blakan soal kebiasaannya mencium bibir wanita sejak kampanye menjadi walikota bertahun-tahun lalu. Duterte yang kini berusia 73 tahun sudah melakukan kebiasaannya selama kira-kira 22 tahun sejak dia menjabat sebagai Walikota Davao hingga kini menjadi Presiden Filipina.

“Selama kampanye saat saya menjadi walikota, saya mencium setiap wanita di sana, dari bibir ke bibir,” ujar Duterte seperti dilansir dari Reuters, Rabu (6/6/2018).

“Masalahnya adalah kamu tidak tahu saya,” imbuhnya.

Bagi Duterte, dia tak akan mencium wanita apabila ada kebencian di baliknya. Dia menyebut kejadian di Korsel sebagai hiburan semata.

“Kita menikmatinya. Itu adalah hiburan dan semua orang menikmatinya. Saya tidak melakukannya di publik apabila ada kebencian di baliknya,” ujar Duterte

Diprotes Aktifis

Sebelumnya, kejadian Duterte mencium bibir seorang WN Filipina, menjadi viral di sosial media. Wanita tersebut mau dicium Duterte setelah diberi sebuah buku oleh Duterte. Hal ini lalu jadi kontroversi.

Aktivis hak-hak asasi perempuan di Filipina baru-baru ini meluncurkan kampanye online #BabaeAko (I Am a Woman) untuk mengirim pesan bahwa mereka tidak menerima pernyataan ‘seksis’ Duterte.

Di sisi lain, penasihat hukum Presiden Salvador Panelo mengatakan, ciuman Duterte di Korsel itu menunjukkan karakter kepedulian dan kebapakan. Apalagi wanita yang dicium bibirnya juga merasa tak keberatan. (TM-RED)

sumber: detik.com

Related posts

Leave a Comment