You are here
Tergelincir di Gorontalo, Kru dan Penumpang Lion Air Selamat Nasional 

Tergelincir di Gorontalo, Kru dan Penumpang Lion Air Selamat

topmetro.news – Pesawat Lion Air tergelincir saat hendak mendarat di Bandara Jalaludin, Gorontalo. Semua penumpang dan awak pesawat dilaporkan selamat dari kejadian itu.

“Saya sudah dapat laporan mengenai kejadian itu. Semuanya, baik penumpang, kru dan pilot selamat,” kata Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso saat dikonfirmasi media, Minggu (29/4/2018).

Peristiwa tergelincirnya pesawat Rute Ujung Pandang-Gorontalo tersebut dilaporkan terjadi Minggu (29/4/2018) sore. Pesawat tergelincir sesaat setelah mendarat.

“Saat hendak mendarat. Itu dilaporkan sampai keluar landasan. Makanya bagian bawah badan pesawat sampai menyentuh daratan,” katanya.

Proses Evakuasi

Agus mengaku belum mengetahui penyebab tergelincirnya pesawat tersebut Lion Air dengan nomor penerbangan JT 892 tersebut.

Sementara itu, Corporate Strategic Lion Air Danang Mandala mengatakan, hingga kini sedang dilakukan proses evakuasi akibat kejadian itu.

Sebagaimana diberitakan, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 892 tergelincir di Bandara Jalaluddin Tantu Gorontalo, Minggu (29/4/2018). Pesawat dengan Rute Makassar-Gorontalo yang membawa 177 penumpang ini mendarat saat hujan lebat melanda Gorontalo pada pukul 18.35 Wita.

Dilaporkan seluruh penumpang dievakuasi dari badan pesawat dalam kondisi cuaca yang masih hujan deras. Pesawat Lion ini meluncur cepat dan tergelincir dari arah runway (landas pacu) 27.

“Kami berada di dalam pesawat sangat tekejut dan takut. Tapi untung kami masih selamat,” kata Haris Zakaria, salah satu penumpang pesawat.

Posisi Pesawat

Sementara itu, Bonewati, Kepala Seksi Pengembangan Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, membenarkan Lion Air tergelincir. “Sebagian badan pesawat berada di shoulder dan sebagian di landas pacu, 177 penumpang sudah dievakuasi dan semuanya selamat,” kata Bonewati.

Akibat musibah ini, penerbangan dari dan ke Gorontalo ditutup sementara. Saat ini sejumlah petugas mengupayakan menaikkan pesawat ke landas pacu. (TM-RED)

sumber: detik | kompas

94 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment