Jenis Makanan yang Bagus untuk Gaya Hidup Sehat

gaya hidup sehat

topmetro.news – Sejak pukul 7 pagi, pikiran mulai terbagi oleh banyaknya tugas yang berlomba untuk diselesaikan. Lalu di jam 7 malam, usai hari yang melelahkan di kantor, Anda berjuang menerjang macet di jam sibuk demi pulang untuk menyiapkan makan malam buatmu dan keluarga. Lalu, makanan apa yang cocok untuk menunjang gaya hidup sehat Anda?

Di situasi ini, punya dapur dengan stok makanan lengkap beserta peralatan tepat akan mempermudah hidup kita yang sibuk. Kami paham, memasak dan memilih makanan dengan teliti tidaklah mudah. Tapi bila stok makanan di dapur selalu lengkap, maka setengah masalah terselesaikan.

Simak bahan penting apa saja yang perlu tersedia di dapur untuk membantu Anda dalam memasak, sekaligus punya gaya hidup sehat:

1. Telur – Mudah diolah untuk konsumsi kapan saja

Telur sangat kaya akan protein, vitamin, dan mineral, sangat baik untuk kesehatan. Telur juga memiliki fungsi serbaguna, cocok dimakan kapan pun dan mudah disiapkan. Telur bisa dimasak dengan digoreng menjadi telur mata sapi, direbus, atau dibuat orak arik, dengan campuran topping favorit ataupun polos. Ingin memasak makanan utama yang simpel? Iris beberapa sayuran dan buat telur dadar atau orak arik untuk makan malam.

Baca juga : Benarkah kuning telur memicu kolesterol?

2. Buah Beri – Untuk tingkatkan level antioksidan tubuh

Buah beri beku dan pisang sangat cocok untuk dibuat smoothies. Potong-potong dan masukkan segenggam ke blender, lalu tuang susu Anlene. Dalam sekejap, camilan manis dan creamy yang kaya kalsium siap disantap tanpa rasa berdosa. Selain mudah dibuat, smoothies juga cocok untuk sarapan bergizi atau camilan sehat sore hari.

3. Kacang-kacangan – lezat dan padat nutrisi

kacang kacangan

Kacang almond, kacang walnut, dan biji bunga matahari bisa jadi camilan lezat buat yang suka nyemil atau sarapan di jalan. Kacang-kacangan juga bisa dijadikan selai dan dioles ke roti panggang atau penambah rasa di smoothies. Bisa juga dioles ke irisan apel sebagai camilan sebelum berolahraga karena berisi paduan tepat dari karbohidrat, protein dan lemak.

4. Quinoa – Biji-bijian super masa depan

Jika masih ragu mencoba quinoa yang lagi jadi makanan tren, saatnya berpikir lagi. Sebab selain bebas gluten, poteinnya juga tinggi, dan termasuk salah satu makanan nabati yang mengandung semua sembilan asam amino esensial. Kandungan serat alaminya juga tinggi, dan termasuk tipe karbohidrat yang dicerna secara perlahan, sehingga tergolong jenis makanan yang punya GI (Glycemix Indeks) baik yang rendah. Makanan dengan GI rendah bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil, sehingga tubuh senantiasa berenergi sepanjang hari. Minat orang terhadap makanan super ini melejit beberapa tahun terakhir, dan disebut-sebut sebagai “Biji-bijian Super Masa Depan” oleh The Quinoa Corporation. Jadi, mulailah menghidangkannya ke meja makan jika Anda belum mencoba, dan bersiaplah menerima manfaat sehatnya.

5. Hidangan favorit Anda – untuk setiap kesempatan

Setiap orang perlu memasukkan menu hidangan favorit ke daftar stok makanan yang mudah untuk dimasak memakai bahan-bahan utama yang selalu tersedia di dapur. Ini bisa apa saja, dari gado-gado hingga sup ayam. Jika Anda belum punya hidangan favorit, cobalah bereksperimen dengan keju! Selain sangat serbaguna, hampir semua orang suka keju. Cocok buat makan malam keluarga di menit-menit terakhir, pesta potluck, saat santai menonton Netflix dan butuh makanan kesukaan, atau bila tiba-tiba ada teman yang bertamu. Sedia keju di dapur memudahkanmu menyiapkan makanan dengan cepat, mudah, dan lezat. Kuasai memasak hidangan utama seperti gratin aneka sayuran, yang akan disukai pecinta keju. Tambahkan kembang kol dan paprika merah – masakan ini akan jadi bintang di setiap acara.

6. Minuman Favorit sebelum tidur

Last but not least, selalu sedia minuman menenangkan di malam hari untuk membantumu tidur nyenyak sekaligus memulihkan tubuh. Tambahkan minuman hangat ke ritual malam Anda untuk memberi sinyal ke tubuh bahwa sudah waktunya beristirahat dan siap-siap tidur. Teh atau segelas susu hangat cocok untuk Anda coba untuk menunjang gaya hidup sehat. (TM-ART)

berbagai sumber

Related posts

Leave a Comment