You are here
Mantan Gubsu Apresiasi 3 Nama Calon Sekdaprovsu Kota Medan 

Mantan Gubsu Apresiasi 3 Nama Calon Sekdaprovsu

topmetro.news – Mantan Gubsu (Gubernur Sumatera Utara), Syamsul Arifin secara tegas memuji tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara seperti Arsyad Lubis, Hj Sabrina dan Sarmadan Hasibuan yang telah diajukan Gubsu Tengku Erry Nuradi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk diputuskan segera.

“Tiga-tiganya baguslah,” kata Syamsul Arifin yang ditemuai wartawan usai rapat sidang istimewa DPRD Sumut memperingati Hari Jadi ke-70 Pemprovsu, pada Senin (16/4/2018) di gedung DPRD Sumut.

Menurut Gubernur Sumut periode 2008-2013, sosok Sekdaprovsu yang baru mampu menyelaraskan semua program kerja, visi dan misi gubernur. Selalu mendampingi dan bersedia saling melengkapi dalam satu kerja tim yang solid bersama wakil gubernur.

“Tentu yang bisa mendampingi gubernur. Kita lihat gubernur, wakil gubernur dan sekda sekarang punya team work yang bagus. Harusnya itu dapat dipertahankan dan dapat saling melengkapi,” sebut mantan Bupati Langkat dua periode ini menambahkan.

Pada kesempatan itu Syamsul memprediksi terhadap sekda baru akan dipilih pada saat pesta demokrasi atau Pilgubsu 2018 yang berlangsung ini selesai. Sebab akan disesuaikan dengan pendapat Gubsu terpilih sebagai user (pengguna).

“Saya pikir nanti pusat akan tunggu pilgub siap. Barulah turun itu namanya. Pasti nanti ditanya gubernurnya, kemana pilihan dia dan sukanya yang mana. Ketiganya baguslah menurut saya,” pungkas Syamsul.

Sekretaris Pansel Lelang Jabatan Terbuka Sekdaprovsu, Muhyan Tambuse mengaku belum mengetahui soal progres lelang jabatan terbuka Sekdaprovsu ini. Ia mengaku belum tahu dan belum mendapat perkembangan terbaru. “Kalau soal itu belum. Kan sudah di TPA (Tim Penilai Akhir). Berkasnya sudah disampaikan oleh Gubsu,” katanya.

Termasuk, mengenai waktu penentuan Sekdaprov yang baru, dirinya tak dapat memberi jawaban konkret.

“Itu kewenangan TPA yang dibawahi Wapres. Tugas kami sudah selesai sampai penyerahan nilai kelima peserta kemarin,” katanya.

Plt Sekdaprovsu Ibnu S Utomo sebelumnya juga mengaku bahwa soal waktu penentuan Sekdaprovsu yang baru tergantung proses TPA. Untuk selanjutnya TPA yang akan menilai dan memberikan rekomendasi ke Presiden agar ditentukan satu nama calon. Menurutnya, akan ada proses lagi oleh TPA terhadap tiga nama calon Sekda dengan ranking dan nilai tertinggi.

Arsyad Lubis Mendapat Nilai Tertinggi

Diketahui, Arsyad Lubis, Hj Sabrina dan Sarmadan Hasibuan tampaknya akan bersaing ketat memperebutkan kursi Sekdaprovsu. Ketiganya menjadi ranking tertinggi berdasarkan hasil Tim Pansel. Arsyad mendapat nilai total penilaian pansel dengan skor 92,94. Hj Sabrina 91,44, dan Sarmadan Hasibuan mendapat skor 86,35. Menyusul di posisi keempat HM Fitriyus dengan skor 82,14 dan Binsar Situmorang 79,43.(TM/11)

257 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment