Mohamed Salah dan Sadio Mane Tetap Jalani Puasa Ramadan Saat Latihan

mohamed salah

topmetro.news – Dua punggawa Liverpool yang beragama Islam tetap menjalani ibadah puasa Ramadan saat latihan rutin. Kedua pemain tersebut yakni Mohamed Salah dan Sadio Mane, tetap dengan serius melakoni latihan bersama rekannya di base camp Liverpool. Salah dan Mane sangat menginkan mempersembahkan yang terbaik untuk Liverpool, menjelang partai final Liga Champions menghadapi Real Madrid di Kiev pada 26 Mai 2018 mendatang.

Mohamed Salah yang belum lama ini telah mendapatkan gelar sebagai pencetak gol terbanay di Liga Inggris dengan 31 gol-nya itu, telah membulatkan tekad untuk membawa Liverpool menjadi tim yang disegani, dengan meraih gelar juara Liga Champions tahun ini. Tentunya bagi Mohamed Salah hal itu harus dilakukan dengan persiapan yang matang. Walaupun di tengah persiapan itu tetap menjalankan ibadah puasa Ramadan yang wajib dilaksanakan untuk umat muslim. Ibadah puasa tampaknya tidak menjadi halangan bagi Mohamed Salah dan Sadio Mane untuk beraktivitas, seperti melakukan latihan ataupun melakukan pertandingan besar seperti final Liga Champions mendatang.

Ada Beberapa Pemain Muslim

Di Liga Inggris tidak hanya Mohamed Salah dan Sadio Mane saja pemain yang sedang menjalani ibadah puasa Ramadan. Ada beberapa pemain lainnya yang muslim menjalankan ibadah puasa Ramadan seperti, Mesut Ozil (Arsenal), Yaya Toure (Manchester City), Marouane Fellaini (Manchester United).

Memasuki bulan Ramadan, para pesepakbola muslim yang berkarir di Liga Inggris banyak menyiasati, untuk menjalankan ibadah puasa. Hal ini agar puasa dan kegiatan mereka berjalan lancar. Tidak mudah bagi para pesepak bola yang mengandalkan fisik untuk menjalani ibadah puasa Ramadan. Apalagi, kompetisi Liga Inggris terkenal padat. Kondisi tubuh tentu tidak akan sebugar biasanya ketika tengah menjalani ibadah puasa Ramadan. Sementara para pesepak bola mesti selalu bugar, bukan hanya ketika bertanding, tapi juga saat berlatih.

Nathan Ellington Pendiri Association of Muslim Footballers

Seperti halnya, salah satu mantan pemain Liga Inggris di klub West Bromwich Albion, Nathan Ellington pendiri Association of Muslim Footballers , mengaku punya cara agar tetap maksimal di lapangan meski tengah berpuasa. Menurut Ellington, makanan sangat penting bagi para pesepak bola saat menjalani puasa Ramadan.”Ketika matahari terbenam (berbuka puasa) saya langsung membatalkan puasa dengan kurma dan susu atau air putih. Saya kemudian akan makan besar, baik saat di rumah atau di masjid. Biasanya saya makan nasi dengan daging kambing, tapi juga bisa dengan apa pun yang terbuat dari ayam, daging sapi, atau daging kambing dengan nasi atau pasta,” terang Ellington, seperti dilansir Four Four Two.com, pada Sabtu (19/05/2018).

Untuk makan sahur, Ellington juga memiliki cara jitu agar energi cukup saat menjalani kegiatan. Menurut dia, makanan sahur sangat memengaruhi untuk maksimal saat berpuasa. ” Salat subuh biasanya dilakukan sebelum matahari terbit: biasanya jam empat pagi, jadi saya bangun jam tiga pagi lalu makan semangkuk bubur dan pisang iris. Keduanya merupakan sumber karbohidrat dan memberikan saya energi yang pelepasannya dilakukan secara perlahan,” ungkap Ellington.(TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment