You are here
Hari ini, Peringatan 180 Tahun Mr Perkin Pencipta Warna Ungu Internasional 

Hari ini, Peringatan 180 Tahun Mr Perkin Pencipta Warna Ungu

topmetro.news – Tepat hari ini 12 Maret 2018 peringatan 180 Tahun Mr Perkin atau Sir William Henry Perkin pencipta warna ungu yang lahir 12 Maret pada 1838  silam, si ahli kimia itu mendapatkan tempat di Google Doodle dengan sampul atau jendela di google.com atas jasanya yang sampai saat ini terus digunakan.

Penemuannya ini menjadi basis perkembangan industri pewarna sintetis dan tekstil. Alkisah, pada 1853, Perkin masuk Royal College of Chemistry, London, di mana dirinya belajar di bawah bimbingan August Wilhelm von Hofmann, ahli kimia asal Jerman.

Ia lalu menjadi asisten di laboratorium saat berusia 18 tahun yang tugasnya membersihkan semua kotoran hitam dari gelas kimia setelah percobaan yang gagal.

Pencipta Warna Ungu Tak Disengaja

Namun, tanpa disengaja, saat membersihkan gelas-gelas kimia kotor itu, Perkin menemukan zat berwarna ungu dengan sifat pewarnaan yang sangat bagus dan jelas. Ia menyadari bahwa ternyata zat tersebut meninggalkan noda ungu yang jelas saat diencerkan dengan alkohol. Setelah penemuannya itu, Perkin memusatkan perhatian pada pematenan, pembuatan, dan komersialisasi pewarna ungu.

Pada tahun 1853, Perkin yang berusia 15 tahun mulai bekerja dengan ahli kimia Jerman yang terhormat, Agustus Wilhelm von Hofmann di Royal College of Chemistry (sekarang Imperial College London). Sementara melakukan eksperimen dengan kuinin, bahan kimia yang pertama kali ditemukan di kulit kayu tertentu. Perkin sengaja menemukan cara untuk menciptakan pewarna yang bisa digunakan untuk mewarnai kain.

Pada 1856, Perkin mendapatkan hak paten untuk memproduksi pewarna sintetis ini. Tahun berikutnya, dengan bantuan ayah dan saudaranya, ia mendirikan pabrik di dekat Harrow.

Sontak, Perkin menjadi terkenal di seantero Inggris yang ditandai dengan puncak dari perkembangan pesat industri tekstil di Inggris. Pakaian berwarna ungu sangat banyak dan bergaya.

Bahkan, Ratu Victoria mengenakan gaun ungu muda pada pernikahannya pada 1858, dan saat menghadiri Pameran Kerajaan empat tahun kemudian. William Henry Perkin kemudian mendapatkan gelar bangsawan, Sir, pada 1906, bertepatan dengan peringatan 50 tahun penemuan mauveine. Ia menghembuskan nafas terakhir pada 14 Jul 1907 di London pada usia ke-69 tahun.(TMN)

164 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment