27 Tahun Sengketa dengan Yunani, Makedonia Ganti Nama

negara makedonia

topmetro.news – Yunani mencapai kesepakatan soal nama negara tetangganya di utara, yang menyebut diri sebagai Negara Makedonia saat terpecah menjadi bekas Yugoslavia.

Setelah 27 tahun pembicaraan –dan banyak protes– kedua negara telah menetapkan nama Republik Makedonia Utara, atau Severna Makedonija untuk Makedonia.

Yunani keberatan dengan nama Makedonia, khawatir akan klaim teritorial atas wilayah utaranya yang sama. Yunani sudah memveto tawaran tetangga untuk bergabung dengan NATO dan Uni Eropa.

Dilansir BBC, Rabu 13 Juni 2018, nama baru itu sekarang harus disetujui warga Makedonia dan Parlemen Yunani.

Digunakan Secara Internasional

Berdasarkan kesepakatan itu, negara yang dikenal di PBB sebagai Bekas Republik Yugoslavia Makedonia (Fyrom) akan diberi nama Severna Makedonija, atau Republik Makedonia Utara.

Bahasanya adalah Bahasa Makedonia dan orang-orangnya dikenal sebagai Orang Makedonia (Warga Republik Makedonia Utara).

Secara signifikan, mereka setuju bahwa nama baru akan digunakan secara internasional dan bilateral. Sehingga 140 atau lebih negara yang mengakui nama Makedonia juga harus mengubahnya jadi Makedonia Utara.

Mereka juga setuju bahwa nama Bahasa Inggris dapat digunakan sebagai istilah Slavia.

Kedua pihak sebelumnya telah meninggalkan sejumlah alternatif, termasuk Gorna Makedonija (Makedonia Atas), Nova Makedonija (Makedonia Baru), dan Makedonia Ilinden. (TM-RED)

sumber: metrotvnews.com

Related posts

Leave a Comment