Cuma Dua di Dunia, Pemandian Air Soda di Tarutung Mulai Jadi Primadona

pemandian air soda

Topmetro.news – Pemandian Air Soda yang berada di Desa Parbubu Kota tarutung Kabupaten Tapanuli Utara menjadi primadona warga setempat. Air kolam panas yang memiliki kandungan belerang ini, memiliki rasa soda seperti minuman berkarbonasi.

Hebatnya, pemandian air soda hanya ada dua di dunia, yaitu di Venezuela dan di Tarutung.

Minar Sihite sebagai pemilik mengungkapkan bahwa pertama kali menemukan pemandian air soda ini sekitar tahun 1973. Wanita berusia 80 tahun itu pun bercerita kepada tim topmetro.news saat menyambangi kolam yang luasnya kurang lebih 15 meter persegi tersebut.

Minar menuturkan, sebelum menjadi tempat wisata, lokasi itu adalah salah satu kawasan yang angker dan jarang dilalui warga. Namun lokasi tersebut masih berbentuk mata air yang ditutupi batu-batu atau sebagai tempat kubangan kerbau.

“Warga setempat menyebutnya Aek Rara yang artinya Air Merah,” sebut Minar.

Hingga pada saat itu, Minar yang menderita asam urat mencoba merasakan air tersebut.

“Rasanya seperti soda. Sejak saat itu orang-orang menyebutnya air soda. Dan, semenjak saya rutin meminum air itu, entah kenapa penyakit yang saya derita berangsur sembuh,” ucapnya.

Minar, menganggap hal tersebut adalah anugerah dari tuhan. Mulai dari itu, ia pun secara peralahan mulai membenahi lokasi tersebut dengan membuatnya seperti kolam. Tujuannya cuma satu, hanya untuk berbagi kepada masyarakat sekitar.

“Saya buat bagus seperti kolam yang layak untuk pemandian masyarakat, agar semua orang bisa menikmati air soda itu,” terangnya sembari mengatakan tak memungut biaya bagi siapapun yang ingin mandi di kolam tersebut.

Minar menyebut, sudah ada beberapa wisatawan mancanegara yang datang ke pemandian air soda miliknya tersebut. Mulai dari negara Hongkong, Brasil, Singapura. Bahkan ada wisatawan dari negara Jepang yang datang melakukan penelitaian kandungan air soda tersebut.

“Orang Jepang itu bilang kalau saya bisa menjadi kaya raya kalau menjual lokasi ini. Tapi saya tidak mau, karena saya takut kalau diambil alih orang lain nanti tidak bisa dinikmati masyarakat banyak lagi,” bebernya.

Salah seorang pengunjung bermarga Simanjuntak menuturkan bahwa ia hampir tiap hari libur datang ke pemandian air soda ini.

“Kalau mandi disini bisa menghilangkan gatal-gatal di badan dan pagal-pegal pun bisa hilang. Biasaya saya datang ke pemandian air soda ini bersama keluarga,” kata pria berbadan jangkung ini.

Letak pemandian air soda ini hanya berjarak kurang lebih 3 KM dari pusat Kota Tarutung. Lokasi ini bisa menjadi pilihan favorit wisatawan lokal yang sedang melintas di Kabupaten Tapanuli Utara. (TM/RED)

Video Pemandian Air Soda di Kota Tarutung

 

Related posts

Leave a Comment