DPRD Medan Minta Pemko Antisipasi Musim Hujan

antisipasi musim hujan

topmetro.news – DPRD Medan minta, agar pemko sedini mungkin melakukan antisipasi musim hujan. Dan sebagaimana diketahui, masalah yang selalu muncul saat musim hujan adalah, datangnya banjir yang menggenang hingga ruas jalan.

Padahal, menurut anggota DPRD Medan, Ilhamsyah SH, masalah banjir seharusnya sudah bisa ditangani. Tentunya, apabila Pemko Medan bisa melakukan antisipasi musih hujan sebagaimana seharusnya.

“Selama ini permasalahan banjir dan genangan air lebih disebabkan karena buruknya saluran drainase yang tidak terintegrasi dengan baik,” jelas anggota Komisi D DPRD Medan ini, Jumat (7/9/2018).

Politisi Golongan Karya ini menekankan, bagaimana pentingnya pengerjaan infrastruktur dengan konsep baik dan sesuai dengan kondisi Kota Medan saat ini. “Pengerjaan proyek infrastruktur harus diperhatikan dengan baik. Karena baiknya pengerjaan infrastruktur akan sangat berpengaruh terhadap kondisi ke depan,” jelasnya.

Antisipasi Musim Hujan jangan Merugikan

Begitu juga dalam pengerjaan proyek, Ilham melihat cara pengerjaannya banyak dijumpai tidak memiliki konsep baik. “Semisal pengorekan lumpur dari sendimentasi saluran drainase dibiarkan di jalan. Hingga mengganggu kenyamanan berkendaraan,” jelasnya.

Dia membuat contoh pengerjaan proyek drainase di Jalan Harapan Pasti. Disana Ilham melihat pengerjaan proyek drainase yang seharusnya membawa manfaat bagi warga, sejak awal malah merugikan warga.

“Jadi ini harus benar-benar ditekankan, agar supaya Medan benar-benar menjadi ‘Rumah Kita’ bersama,” ucapnya.

Menghadapi musim penghujan tahun ini, Ilham mengajak masyarakat dan Pemko Medan beserta jajarannya untuk memperhatikan lingkungannya bersama-sama. “Tidak hanya kepada Pemerintah Kota Medan. Kita juga mengajak kepada masyarakat dan kita bersama untuk memperhatikan lingkungan kita. Agar benar benar nyaman untuk ditinggali,” jelasnya.

Seperti diketahui, data yang dilasir Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan prakiraan musim hujan 2018/2019 secara umum dapat disimpulkan, awal musim hujan 2018/2019 di 342 zona musim (ZOM) diperkirakan umumnya mulai Bulan Oktober 2018 sebanyak 78 ZOM (22.8%). November 2018 sebanyak 147 ZOM (43.0%) dan Desember 2018 sebanyak 85 ZOM (24.9%).

Sedangkan beberapa daerah lainnya awal musim hujan terjadi pada Agustus 2018 sebanyak 12 ZOM (3.5%). September 2018 sebanyak 10 ZOM (2.9%), Maret 2019 sebanyak 5 ZOM (1.5%), April 2019 sebanyak 4 ZOM (1.2%), dan Mei 2019 1 ZOM (0.3%). (TM-RAJA)

Related posts

Leave a Comment