Pemprov Sumut, Medan dan Deli Serdang Rakor Persiapan MTQN XXVII

Deli Serdang

Topmetro News – Pemerintah Provinsi (Pemprov Sumut) Sumatera Utara bersama Pemerintah Kota (Pemko) Medan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang serta pihak terkait, mengadakan rapat koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke XXVII di Sumatera Utara.

Rakor yang digelar di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, pada Senin (9/7/2017), itu antara lain membahas susunan kepanitiaan, teknis launching MTQN yang akan diadakan 12 Juli 2018, dan persiapan lainnya.

Pada rapat tersebut disampaikan revisi susunan kepanitiaan.

Baca juga: Diduga menyebabkan ujaran kebencian pria 22 Tahun ditangkap

“Revisi ini sudah dilakukan beberapa kali,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj Sabrina MSi yang memimpin Rakor tersebut.

Tujuannya, kata Sabrina, agar lebih memantabkan nama panitia yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan MTQN tersebut. Selain itu, pihak-pihak terkait yang hadir pada rapat agar bisa mengonfirmasi cocok atau tidaknya, nama yang diusulkan menjadi panitia MTQN.

“Nama yang sudah disepakati di sini masih akan ditindaklanjuti. Hal tersebut karena ada beberapa nama yang tidak hadir dan perlu dikonfirmasi lagi,” ujarnya.

Rakor juga membahas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provsu yang bertanggungjawab menjadi Liason Officer (LO) untuk peserta dari 33 provinsi. Tugas LO bermacam-macam, mulai dari penjemputan delegasi, memberikan informasi, dan lain sebagainya.

“Tugas LO sangat berat dan banyak,” katanya.

Selain itu, masing-masing OPD yang bertanggungjawab menjadi LO agar berkoordinasi dengan provinsi peserta untuk menyiapkan persiapan pawai.

“Nanti saat acara launching, setiap LO agar langsung berkomunikasi dengan provisi yang menjadi tanggungjawabnya, agar segalanya bisa dipersiapkan jauh hari. Acara akan sukses jika kita semua bersinergi,” ujar Sabrina.

Mengenai teknis LO, Asisten Pemerintahan Pemprovsu sekaligus Ketua Pelaksana Harian MTQN Drs Jumsadi Damanik SH MHum mengatakan, masing-masing LO akan diberikan 2 bus dan 3 inova. Di masing-masing bus, ada petugas LO dari OPD.

“Supir mobil juga akan bertugas sebagai guide, jadi seperti itu gambaranya,” katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut H Baharuddin Siagian SH mengatakan agar segera menindaklanjuti rehabilitasi gedung serbaguna di Jalan Pancing. Rehabilitasi tersebut meliputi pengecatan, perbaikan toilet, dan lain sebagainya.

Hal tersebut dilakukan lantaran gedung serbaguna akan dijadikan sekretariat untuk seluruh provinsi peserta.
“Selain itu, rehabilitasi dilakukan untuk menyamakan dengan gedung Astaka yang baru dibangun,” katanya

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provsu Agustama meminta agar mengadakan fasilitas ICU.

“Ini karena kita mengundang, RI1 dan RI2 maka ICU harus diadakan,” katanya.

Turut hadir dalam Rakor, Asisten Administrasi Umum dan Aset Pemprovsu Zonny Waldi, Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama Drs H Khoiruddin MM, serta OPD Pemprovsu, Pemko Medan dan Pemkab Deli Serdang, serta pihak terkait.(TM/11)

Related posts

Leave a Comment