You are here
Pj Gubsu Kecolongan, Pj Walikota P Sidempuan Digrebek Polisi di Kamar Hotel Garuda Plaza Peristiwa 

Pj Gubsu Kecolongan, Pj Walikota P Sidempuan Digrebek Polisi di Kamar Hotel Garuda Plaza

topmetro.news – Penjabat (PJ) Gubsu, Eko Subowo mengaku belum mengetahui aksi penggrebekan yang dilakukan Polda Sumut, beberapa waktu lalu di Kamar Hotel Garuda Plaza, Jalan SM Raja, Medan.

Dalam penggrebekan dilakukan, unit 5 Subdit/3 Ditreskrimum Polda Sumut, mengamanankan PJ Walikota Padang Sidempuan Sarmadan Hasibuan dan beberapa rekanan serta ASN Dishub Sumut.

Menyikapi itu, Eko mengatakan, masih menunggu hasil penyelidikan dari Polda Sumut guna menentukan sikap yang akan diambil terhadap Sarmadan dan ASN yang tertangkap diduga bermain judi.

Bahkan video penggrebekan Sarmadan Hasibuan yang juga menjabat Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Sumut tersebut,  sempat viral di media sosial dan menjadi pembahasan hangat dikalangan Kantor Gubernur. Meski demikian, Pemprovsu belum mengambil sikap apapun.

“Penggrebekan ya dari siapa, kalau dari Polda ya tanya ke Polda,” ucap Eko menjawab wartawan saat menghadiri lounching MTQ Nasional di Santika Dyandra Hotel, Jl Maulana Lubis, pada Kamis (12/7/2018).

Ditanya mengenai sikap, Eko mengatakan semua tergantung penemuan Polda seperti apa penggrebekan.

“Ya tergantung hasil penemuan Polda penggrebekannya seperti apa. Dan Polda memproses, dan menyelidiki kebenaran atau tidaknya baru nanti dilaporkan kepada kita,” tambah Eko.

Saat dikatakan kalau pihak Polda membenarkan, Eko bolak balik menampiknya.

“Saya belum tau Saya belum tau,” kilah Eko.

Sebelumnya PJ Gubsu dikabar manggil Sarmadan, Eko membenarkan namun kalau pemanggilan Sarmadan, namun itu persoalan lain.

Katanya, pemanggilan Sarmadan terkait persoalan pajak PT Inalum.

Pajak PT Inalum

“Itu persoalan keberatan pajak PT Inalum. Mereka melakukan keberatan pajak yang ditetapkan Pemprovsu, dan meminta keadilan keringanan pajak. Dan yang menangani persoalan itu Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah,” ujar Eko.

Diketahui kalau pada Rabu siang, Sarmadan datang ke Kantor Gubsu dan langsung jadi perbincangan, apalagi saat itu Sarmadan menjumpai Biro Humas Provsu Ilyas Sitorus, namun tidak diketahui seputar apa pembicaraan keduanya yang terlihat bareng keluar dari kantor Gubsu.

Kabag Hukum Pemprovsu Sulaiman yang dikonfirmasi wartawan mengaku menunggu langkah penyelidikan Polda Sumut. Setelah itu barulah pihaknya bisa mengambil langkah langkah hukum dilakukan.

“Kita tunggu hasil penyelidikan Polda Sumut seperti apa, barulah kita bisa mengambil langkah hukum. Dan kita tidak boleh berandai-andai,” kata Sulaiman yang mengaku berada di luar kota.

Sulaiman tidak menampik banyaknya kasus hukum yang tengah menjerat Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemprovsu, namun kasus apa saja dan berapa banyak kasusnya beliau tidak dapat merincinya.

Menunggu Hasil Penyidikan

“Kalau kasus yang menjerat ASN Provsu saya tidak hapal berapa banyak,” ujar Sulaiman sembari mengaku masih tetap menunggu hasil penyidikan Polda.

Sementara itu Kepala BKD Provsu, Kaiman Turnip saat dikonfirmasi terkait sikap penggrebekan dilakukan Poldasu terhadap Sarmadan mengatakan pihaknya masih belum mengetahui hasilnya. Akan tetapi kalau ini benar, maka mereka akan membentuk Tim yang nantinya diketuai oleh Sekdaprovsu.(TM/ERRIS)

190 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment