You are here
PWI Sumut Gelar UKW Angkatan XIV, Dijadwalkan 30-31 Agustus Info Metro 

PWI Sumut Gelar UKW Angkatan XIV, Dijadwalkan 30-31 Agustus

topmetro.news – PWI Sumut kembali akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XIV yang akan digelar Kamis-Jumat, 30-31 Agustus mendatang.

Ketua PWI Sumut H Hermansjah didampingi Sekretaris Edward Thaher, Wakil Ketua Bidang Organisasi Khairul Muslim dan Wakil Ketua Bidang Pendidikan sekaligus Ketua Panitia UKW Rizal R Surya menjelaskan, UKW angkatan XIV akan diikuti 60 peserta atau sepuluh kelas.

“Saat ini ketentuannya, seorang penguji hanya bisa menangani enam orang. Karena alokasi dana hanya untuk 10 penguji maka peserta UKM kali ini dibatasi 60 orang,” ujar Herman.

Dijelaskan, 10 kelas terbagi untuk tingkatan muda, madya dan utama. “Jadi bagi yang berminat untuk segera mendaftar karena tempat terbatas,” katanya.

Tingkatan kompetensi muda untuk wartawan atau reporter yang bertugas di lapangan. Sedangkan untuk tingkatan wartawan madya bagi redaktur dan tingkatan wartawan utama untuk redaktur pelaksana dan pemimpin redaksi.

BACA JUGA:

Usut Kematian M Yusuf, ini Susunan TPF PWI Pusat

Media Berbadan Hukum

Pendaftaran dibuka mulai Selasa (7/8/2018) dan berakhir Sabtu (25/8/2018) di Gedung PWI Sumut Jalan Adinegoro, Medan. “Jadi pendaftaran ditutup Sabtu (25/8/2018). Bagi peserta bisa langsung datang ke Gedung PWI Sumut untuk mengambil formulir dan persyaratan lainnya,” ujarnya.

Dijelaskan, persyaratan yang harus dipenuhi berupa formulir calon peserta UKW, formulir data diri, pas foto ukuran 4 X 6, enam lembar, dan surat keterangan (rekomendasi) dari pemimpin redaksi bahwa yang bersangkutan masih bekerja di media bersangkutan.

“Semua pendaftar akan diverifikasi terlebih dahulu berkasnya mana yang menenuhi syarat dan mana yang tidak. Hanya yang memenuhi syarat saja yang bisa mengikuti uji kompetensi wartawan. Yakni media berbadan hukum dan terdaftar di Kumham. Selain itu, berkas peserta UKW tersebut nantinya akan diverifikasi kembali, terkait media tempat wartawan peserta UKW bertugas melalui PWI Pusat,” ujarnya. (TM-ERRIS)

78 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment