You are here
Raih Emas Sepakbola Asian Games 2018, Son Heung-min Bebas Wajib Militer Olahraga 

Raih Emas Sepakbola Asian Games 2018, Son Heung-min Bebas Wajib Militer

topmetro.news – Ada hal yang menarik, setelah Timnas Korea Selatan meraih medali emas sepakbola Asian Games 2018. Selain mempertahankan tradisi emas, setelah mengalahkan Jepang 2-1 pada laga final di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (01/09/2018). Timnas Korsel juga mendapatkan hadiah, yang terbebas dari wajib militer di negaranya. Hal itu salah satunya, penyerang Timnas Korea Selatan dan Tottenham Hotspur, Son Heung-min dipastikan terbebas dari wajib militer penuh selama 21 bulan.

Dua pemain senior Korsel lainnya, kiper Jo Hyeon-woo dan penyerang Hwang Ui-jo, juga bisa bernapas lega. Timnas Korsel harus bekerja ekstra keras untuk bisa mengalahkan Jepang, yang menggunakan skuat timnas U-21 untuk tampil di Asian Games 2018. Meski mendominasi jalannya pertandingan babak pertama dan kedua, Korsel tidak mampu mencetak gol hingga akhir 90 menit laga.

Timnas Korsel baru mampu mencetak gol saat babak tambahan pertama berjalan tiga menit. Adalah penyerang muda Lee Seung-woo yang mampu memecah kebuntuan bagi timnas Korsel. Menerima umpan Heung-min, Seung-woo melepaskan tendangan kaki kiri, yang bersarang di pojok kanan gawang Jepang, dikawal kiper Ryosuke Kojima.

Heung-min kembali menjadi kreator gol timnas Korsel pada menit ke-101. Berawal dari umpan tendangan bebas penyerang Tottenham Hotspur tersebut, Hwang Hee-chan sukses membobol gawang Jepang melalui sundulan.

Jepang sempat membuat timnas Korsel ketar-ketir, ketika Ayashi Ueda mencetak gol pada menit ke-115 melalui sundulan, setelah menerima umpan sepak pojok Ryo Hatsuse. Namun, hingga akhir laga Korsel mampu mempertahankan keunggulan 2-1 atas Jepang.

Kemenangan atas Jepang membuat timnas Korsel menjadi tim paling sukse,s di sepak bola putra Asian Games dengan koleksi lima medali emas, melewati catatan Iran yang memiliki empat medali emas.

Timnas Jepang U-23 Akui Kemenangan Korsel

Tim Nasional (Timnas) Jepang harus puas membawa pulang medali perak di cabang olahraga (cabor) sepakbola putra di Asian Games 2018. Mereka pun mengakui kemenangan Korea Selatan (Korsel), pada laga tersebut dengan skor akhir 1-2 hingga babak tambahan waktu.

Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, mengatakan anak didiknya sudah mengerahkan seluruh kemampuan untuk bisa mengatasi serangan Korsel. Ia pun tetap bangga, meski pada akhirnya keberuntungan tak berpihak pada Koji Miyoshi dan kawan-kawan.

“Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat kepada Korsel atas kemenangannya. Pada pertandingan tersebut, para pemain sudah berjuang dengan sangat baik, dan tidak pernah menyerah dalam menghadapi serangan dari Korsel,” ucap Moriyasu di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (01/09/2018).

“Para pemain sudah sangat fokus. Tapi sayang kami kebobolan dua gol setelah 90 menit. Namun para pemain kembali fokus dan berhasil mencetak satu gol dan terus berjuang hingga menit menit akhir,” tambahnya.

“Saya melihat para pemain banyak mengalami peningkatan di turnamen ini. Mereka (pemain) mampu menunjukkan ketangguhan mereka untuk bisa memenangkan pertandingan dan saya bangga,” lanjutnya.

Satu-satunya gol yang diciptakan pada laga tersebut dicetak oleh Ayase Ueda, setelah tertinggal dua gol di tambahan waktu. Sementara dua gol milik Korsel diciptakan oleh Lee Seung-woo dan Hwang Hee-chan.(TM-YOFE)

55 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment