You are here
Robert Wadlow, Manusia Tertinggi di Dunia yang Pernah Ada Tokoh 

Robert Wadlow, Manusia Tertinggi di Dunia yang Pernah Ada

topmetro.news – Robert Pershing Wadlow (lahir di Alton, Illinois, 22 Februari 1918 – meninggal di Manistee, Michigan, 15 Juli 1940 pada umur 22 tahun) adalah manusia tertinggi di dunia yang pernah hidup. Dia kadang dipanggil ‘Raksasa Alton’, yang diambil dari kota kelahirannya di Alton, Illinois Amerika Serikat.

Tinggi Robert mencapai 2,72 meter (8 kaki 11,1 inci) dengan berat 220 kg (490 pon) saat ia meninggal.

Tubuhnya yang besar dan terus bertumbuh tinggi saat dewasa disebabkan oleh hipertropi di hipofisis yang berakibat tidak normalnya jumlah hormon pertumbuhan. Sehingga pertumbuhan terus terjadi, bahkan saat ia meninggal.

Masa Kanak-kanak

Wadlow lahir sebagai anak dari Addie dan Harold Wadlow di Alton, Illinois pada 22 Februari 1918. Dari lima bersaudara, Robert adalah yang paling sulung.

Pada usia 8 tahun, dia sudah lebih tinggi dari ayahnya. Dan di sekolah dasar, mereka harus membuat meja khusus untuknya karena ukuran tubuhnya.

Di tahun 1936, setelah lulus dari SMA Alton, ia melanjutkan pembelajarannya di Kampus Shurtleff dalam bidang hukum. Sejak 1937, Wadlow telah memecahkan rekor sebagai manusia tertinggi di dunia.

Sepatunya masih berada di beberapa tempat di Amerika Serikat, termasuk Museum Sejarah dan Seni Alton. Saat berumur 20 tahun ia menandatangani perjanjian dengan sebuah perusahaan sepatu internasional untuk membuatkannya sepatu secara gratis. Dengan syarat mengikuti tur promosional.

Tahun-tahun Berikutnya

Tingginya tubuh Wadlow, menyebabkan dia sering mendapatkan masalah. Di antaranya, kakinya menjadi rapuh karena tubuhnya yang besar, menjadikannya sulit berjalan. Sehingga dia menggunakan penopang kaki dari besi.

Meskipun mengalami kesulitan seperti itu, namun dia tidak pernah menggunakan kursi roda.

Satu tahun sebelum kematiannya, Wadlow sudah mengalahkan John Rogan sebagai orang tertinggi yang pernah ada.

Pada 27 Juni 1940 (delapan belas hari sebelum kematiannya), ia sudah memiliki tinggi 2,72 meter (8 kaki 11,1 inci). Pengukuran dilakukan oleh dr CM Charles dan Cyril MacBryde dari Universitas Washington di St Louis, Missouri.

Menjadi Selebritis

manusia tertinggi dunia

Saat masih hidup, Wadlow merupakan selebriti Amerika Serikat paling populer di masanya. Dia begitu terkenal saat tur ke seluruh negeri pada tahun 1936, sebagai bagian dari Ringling Brothers Circuss. Dan juga tur promosional dari INTERCO pada tahun 1938.

Pada tahun 1938, dia melakukan tur promosi dengan perusahaan sepatu bernama The International Shoe Company. Mereka memberinya sepatu secara gratis. Contoh sepatu masih ada di beberapa lokasi di seluruh AS, termasuk Toko Sepatu Snyder di Ludington dan Manistee, Michigan, serta Museum Sejarah dan Seni Alton.

Saat itu dia selalu mengikuti tur promosional dan kemunculan publik. Dia terus berpartisipasi dalam tur dan penampilan publik, meskipun hanya dengan pakaian jalanan biasa.

Dia diketahui memiliki kekuatan fisik luar biasa sampai tahun terakhir hidupnya, ketika kekuatan dan kesehatannya secara umum mulai memburuk dengan cepat.

Saat Kematiannya

Pada 4 Juli 1940, ketika ia muncul dalam acara The Manistee National Forest Festival (Festival Hutan Nasional), penopang kaki besi di kaki Wadlow patah. Hal ini menyebabkan kapalan dan luka sobek parah dan menginfeksi kakinya.

Dokter merawatnya dengan transfusi darah dan operasi darurat, namun kondisinya terus memburuk dan akhirnya meninggal dunia pada 15 Juli 1940. Dia meninggal saat tidur dalam usia 22 tahun.

Peti matinya mencapai panjang 3,28 meter dengan lebar 81 cm dan kedalaman 76 cm. Beratnya 450 kg dan dibawa oleh dua belas pengusung dan delapan asisten. Mayatnya dimakamkan di Pemakaman Oakwood di Upper Alton, Madison County, Illinois.

Ada perkiraan 40,000 orang menghadiri pemakaman Wadlow, si manusia tertinggi di dunia, pada 19 Juli 1940. Keluarga Wadlow pun sangat khawatir jika tubuh Robert dicuri, sehingga kuburan Wadlow dijaga dengan sangat ketat.

Kenangan untuk Wadlow

Pada 1985, sebuah patung perunggu untuk manusia tertinggi di dunia, Robert Wadlow berukuran sama yang dibuat oleh Ned Giberson, dipajang di Universitas Edwardsville di Illionois Selatan. Tepatnya di bagian Sekolah Kesehatan Gigi.

Ia juga dimunculkan di sebuah film dalam bentuk sebuah patung lilin di museum Ripley’s Believe It Or Not! di Saint Augustine, Florida, Atlantic City, New Jersey, Niagara Falls, Kanada, Gold Coast, Queensland dan Guadalajara, Meksiko.

Sebuah patung lainnya yang berukuran sama juga merupakan dari bagian pameran Guinness Hall of World Records di Empire State Building di New York. Lalu sebuah lagu dipopulerkan pada tahun 1998 oleh Handsome Family berjudul “The Giant of Illinois”.

Pada tahun 2005, Sufjan Stevens merekam “The Tallest Man, the Broadest Shoulders” tentang Wadlow untuk album mereka berjudul Illinois. Foto Wadlow bersama keluarganya juga ditampilkan di sampul belakang versi VHS dari kompilasi video musik grup Talking Heads, berjudul “Storytelling Giant”. (TM-RED)

sumber: wikipedia

116 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment