Setiap Hari, 1000 Orang Sumut ke Luar Negeri Urusan Kecantikan

luar negeri

topmetro.news – Industri anti-aging estetika berkembang sangat pesat, bahkan setiap harinya rata-rata ada 1000 orang Sumatera Utara yang ke luar negeri untuk urusan kecantikan itu. Perhimpunan Dokter Anti Penuaan, Wellness, Estetik, dan Regeneratif Indonesia (Perdaweri) mengharapkan Sumatera Utara mampu menangkap dan mengembangkan peluang bisnis yang besar dari tren industri ini.

Hal itu disampaikan Gubsu Erry saat membuka Sumatera Congress of Anti Aging and Aesthetic Medicine (SCAM) 2018, pada Sabtu (31/3/2018), di JW Marriot Hotel Medan. Menurutnya, kepedulian masyarakat terhadap perawatan diri dan upaya-upaya untuk mencegah penuaan dini kian meningkat. Hal ini, dibuktikan dengan banyaknya orang yang rela mengeluarkan uang yang banyak ke luar negeri demi memperoleh layanan tersebut.

“Di Sumut saja, untuk satu hari bisa mencapai 1000 orang yang mengunjungi Malaysia, Singapura, dan Thailand untuk medical treatment. Banyak diantaranya menyangkut masalah anti-aging estetika dan wellness,” ujarnya.

Jika pelayanan anti-aging estetika di Sumut ditingkatkan kualitasnya, menurut Erry, maka orang-orang di daerah ini tidak perlu ke luar negeri untuk memperoleh layanan tersebut.

Devisa Negara

Dalam kesempatan itu, Presiden Perdaweri Pusat Prof DR Dr A Razak Thaha menyampaikan, dari data yang diperoleh dari Kantor Staf Presiden (KSP), devisa negara yang lari ke luar negeri untuk anti-aging estetik mencapai Rp15 triliun. Sedangkan menurut pusat data dunia, jumlah uang yang beredar dalam industri anti-aging estetik mencapai hingga US$ 1 triliun.

“Jadi, SCAM 2018 ini adalah salah satu upaya kita Perdaweri, khususnya Perdaweri Sumut, untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga medis di bidang anti-aging,” kata Razak.

Razak berharap dengan semakin baiknya kualitas pelayanan anti-aging di Indonesia, semakin sedikit pula orang-orang yang menghabiskan uang di luar negeri untuk mendapatkan layanan anti-aging tersebut.(TM/11)

Related posts

Leave a Comment