You are here
Polri Ajukan Anggaran Rp44,4 T, TNI Minta Rp1,5 T Nasional 

Polri Ajukan Anggaran Rp44,4 T, TNI Minta Rp1,5 T

topmetro.news – Anggaran Polri di APBN 2019 telah disetujui Komisi III DPR, sebesar Rp76,2 triliun. Namun, institusi itu kemudian meminta anggaran tambahan sebesar Rp44,4 triliun.

Hal ini disampaikan Asisten Perencanaan (Asrena) Polri Irjen Pol Gatot Eddy Pramono. Diakatakannya, pengajuan penambahan anggaran itu untuk belanja pegawai, belanja barang, dan belanja modal.

Anggaran Polri untuk Pemilu

Ditambahkan, pengajuan anggaran Polri itu juga berkaitan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2019 mendatang. Khusus Pemilu saja, kata Gatot Eddy Pramono, Polri mengajukan anggaran Rp2 triliun. Sebelumnya anggaran Polri untuk Pemilu yang diusulkan adalah Rp5 triliun.

“Kemudian dalam pagu anggaran kami itu diajukan Rp2,3 triliun. Ya kami sudah exercise dan sudah berhitung bersama dengan Asops. Itu jumlahnya Rp5 triliun, makanya kami mengajukan tambahan,” katanya.

Sedangkan Wakapolri Komjen Ari Dono mengatakan, anggaran Polri berkaitan Pemilu dimunculkan berdasarkan evaluasi sebelumnya. Serta perkiraan ancaman menurut intelijen.

Dengan demikian, katanya, perlu ada penyesuaian anggaran Polri, sehingga pihaknya pun mengajukan penambahan anggaran. Sebelumnya, Polri mengajukan anggaran untuk RAPBN 2019 sebesar Rp120 triliun. Tetapi yang disetujui hanya Rp76,2 triliun.

Anggaran Komando Operasi Khusus

Sementara itu, TNI mengajukan anggaran dana Rp1,5 triliun untuk pembentukan Komando Operasi Khusus (Koopsus). Dana tersebut untuk pembangunan sarana dan prasarana Koopsus.

“Itu Rp1,5 triliun. Sudah masuk dalam pagu anggaran kita,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Dana tersebut, kata Panglima TNI, juga akan digunakan untuk pembelian material khusus, senjata dan perlengkapan lainnya. Tujuannya adalah untuk mendukung tugas Koopsus memberantas terorisme.

Diinformasikan, pembentukan Koopsus untuk penanganan terorisme adalah sebagai tindak lanjut revisi UU No: 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Koopsus merupakan gabungan pasukan elite yang ada di TNI. Ada Kopasus dari TNI AD, Kopaskhas dari TNI AU, dan Marinir dari TNI AL.

Kata Hadi dana Rp1,5 triliun akan dimasukkan dalam usulan anggaran dari TNI kepada DPR. Pada rapat kerja dengan Komisi I DPR, Rabu (5/9/2018), TNI telah mengajukan usulan anggaran sebesar Rp107,16 triliun. Angka itu meningkat Rp1,10 triliun bila dibandingkan tahun 2018. (TMN)

105 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment