You are here
Terungkap! Berpelukan Bisa Jaga Tekanan Darah Tetap Stabil Kesehatan 

Terungkap! Berpelukan Bisa Jaga Tekanan Darah Tetap Stabil

topmetro.news – Kapan terakhir kali anda dipeluk atau memeluk? Kebiasaan berpelukan ternyata bisa menjaga tekanan darah tetap stabil. Apalagi bagi penderita hipertensi karena pelukan bisa menurunkan tekanan darah.

Seperti dikutip dari Thelist.com, penelitian yang diterbitkan dalam Biological Psychology, menemukan bahwa tekanan darah wanita menurun setelah dipeluk pasangannya. Penelitian dilakukan pada 59 premenopause wanita yang dipeluk pasangannya.

Hasilnya, setelah dipeluk pasangan, hormon oksitosin dilepaskan dari otak sehingga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ketika hipertensi terjadi, pembuluh darah arteri akan mengeras sehingga aliran darah akan menurun, ketika tidak ada darah yang cukup menyuplai oksigen ke berbagai bagian tubuh, apalagi jantung, maka hal itu akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

Itulah mengapa, ada baiknya kamu lebih sering berpelukan dan bermanja-manja dengan pasangan, karena ternyata hal ini bisa menurunkan tekanan darahmu.(TMN)

sumber: liputan6.com

97 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment