You are here
Timnas Indonesia Ditantang Malaysia di Semifinal Piala AFF U-16 Olahraga 

Timnas Indonesia Ditantang Malaysia di Semifinal Piala AFF U-16

topmetro.news – Pertarungan sengit terjadi, Timnas Indonesia ditantang Timnas Malaysia di semifinal Piala AFF U-16 2018. Pertemuan ‘Garuda Asia’ tampaknya akan menyelesaikan dendam kekalahan atas Timnas Indonesia U-19, di semifinal Piala AFF U-19 dalam drama adu penalti. Duel ini akan menjadi duel harga diri yang berlangsung, pada Kamis (09/08/2018) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, pukul 19:00 WIB.

Pasalnya, Timnas Malaysia berhasil lolos ke babak semi-final, setelah menumbangkan Laos dengan skor tipis 1-0, di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, pada Selasa (07/08/2018) petang. Dari hasil tersebut Timnas Malaysia U-16 menjajal kekuatan anak asuhan Fachri Husaini di semifinal.

Berhasil mengalahkan Laos, Malaysia berhak tampil di semifinal dengan menyandang sebagai runner-up grup B, setelah mengoleksi sembilan poin. Gol tunggal kemenangan Malaysia datang dari aksi bunuh diri Anantaza Siphongphan saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Sementara yang menjadi juara grup B adalah Thailand yang mampu mengemas sepuluh poin.

Rekor pertemuan Timnas Indonesia vs Malaysia, bukanlah pertemuan yang pertama terjadi bagi kedua tim. Sebelum turnamen, 6 Juli 2018 lalu, Indonesia pernah melakoni uji coba melawan Malaysia di Petaling Jaya, Malaysia. Ketika itu, David Maulana dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Malaysia dengan skor tipis 4-3.

Namun, hasil kekalahan yang pernah diraih pada ujicoba tersebut tidak semerta-merta Malaysia mampu mengalahkan Timnas Indonesia di semifinal nanti. Memiliki rekor hasil pertandingan terbaik, Timnas Indonesia U-16 yang diisi oleh skuad-skuad yang siap membela “Merah Putih” akan tampil habis-habisan untuk dapat tampil di final.

Bukan Lawan Mudah

Memang, menghadapai Timnas Malaysia bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan. Tapi, dengan memiliki sedikit pengalaman di ujicoba Juni lalu menjadi modal bagi Timnas Indonesia U-16, agar bermain lebih hati-hati terutama mengawal lini depan Malaysia yang begitu tajam.

Ada faktor yang harus dihapus oleh Timnas Indonesia U-16, agar menghapus ambisi yang terlalu besar untuk dapat mengalahkan Timnas Malaysia. Hal itu telah terjadi pada Piala AFF U-19, Egy Maulana Fikri dkk, tak dapat melaju ke partai final, setelah kalah adu penalti dengan skor 2-3 usai bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Mungkin saja di Piala AFF U-16 ini akan mengobati rasa kegagalan yang diraih Timnas Indonesia U-19 lalu. Dengan membawa rasa dendam tentunya, Timnas Indonesia U-16 tetap ingin bermain maksimal menampilkan permainan yang apik dalam semifinal nanti. Semoga! (TMN-YOFE)

85 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment