You are here
Walau Kalah atas Qatar, Perjuangan Timnas Indonesia U-19 Luar Biasa Olahraga 

Walau Kalah atas Qatar, Perjuangan Timnas Indonesia U-19 Luar Biasa

topmetro.news – Walau kalah atas Qatar, perjuangan Timnas Indonesia U-19 sangat luar biasa. Sempat tertinggal 6-1 di babak pertama, tim yang diasuh Indra Sjafrie mampu memperkecil kekelahannya menjadi 6-5, atas Timnas Qatar U-19, dalam lanjutan laga Grup A Piala U-19 Asia 2018 berlangsung, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/10). Kalah dengan selisih gol tipis, membuat posisi Timnas U-19 di urutan kedua Grup A tidak terganggu. Sama-sama mengoleksi tiga poin dengan Qatar, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan unggul selisih gol.

Diawal babak pertama, Timnas Indonesia U-19 belum menemukan performa terbaiknya dalam pertandingan itu. Qatar yang ingin meraih poin penuh, menurunkan skuat terbaiknya di laga tersebut. Dibabak pertama, Qatar dapat menciptakan empat gol masing-masing dicetak, Hashim Ali (11), Abdulrasheed Umaru (14′, 41′) dan Mohammed Waad (24′). Sementara gol balasan Indonesia ditorehkan gelandang Muhammad Luthfi Kamal (28′).

Indonesia sejatinya memulai laga dengan baik. Menerapkan umpan-umpan pendek dan mencoba menguasai laga, Indonesia sempat membuat pertahanan Qatar kewalahan pada lima menit awal pertandingan. Namun, situasi berubah pada menit ke-11 setelah bek Qatar Hashim Ali, mencetak gol ke gawang Indonesia. Gol terjadi setelah bek Nurhidayat Haji Haris gagal mengantisipasi umpan, dari sisi kiri pertahanan Indonesia yang membuat bola mengarah ke Hashim.

Setelah gol itu, barisan pertahanan Indonesia tampak gugup dan kembali melakukan kesalahan di menit ke-14. Penyerang Qatar Abdulrasheed Umaru sukses memanfaatkan itu untuk mencetak gol dan mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Indonesia yang terus berusaha, mendapatkan gol justru lagi-lagi kebobolan pada menit ke-24. Kali ini Mohammed Waad yang mencatatkan namanya di papan skor, setelah bola hasil tendangan jarak jauhnya membentur tubuh Nurhidayat Haji Haris, dan bola masuk ke gawang Indonesia yang dikawal Muhamad Riyandi.

Anak-anak asuh pelatih Indra Sjafri baru dapat memperkecil jarak menjadi 1-3, usai Muhammad Luthfi menjebol gawang Qatar dari tendangan bebas dari luar kotak penalti di menit ke-28. Sempat mendapatkan kesempatan mencetak gol di menit ke-31 melalui Egy Maulana Vikri. Indonesia menelan pil pahit lagi pada menit ke-41, karena sepakan keras Abdulrasheed Umaru melesak mulus ke gawang Muhamad Riyandi. Tak ada gol lain tercipta setelahnya. Indonesia tertinggal 1-4 hingga pertandingan memasuki masa jeda.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-19 yang dimotori Egy Maulana Vikri berupaya untuk meningkatkan tempo serangan. Namun, serangan tersebut tak dapat menghasilkan gol, dan sebaliknya, Qatar menambah pundi-pundi golnya melalui, Hasim Ali dimenit ke-51 dan Abdulrasheed dimenit ke-56.

Tertinggal 6-1 dimenit 60 pertandingan berjalan, tak membuat pasukan Garuda Muda Indonesia tidak putus asa. Berbagai serangan tetap dilancarkan ke partahanan Qatar. Kebuntuan Timnas Indonesia U-19 akhirnya pecah, gol untuk memperkecil ketinggalan terjadi dimenit ke-65, melalui Rivaldo Ferre melalui gol indah dari tendangan bebas, yang melengkung tepat di sudut kri gawang Qatar.

Terciptanya gol tersebut, membuat semangat punggawa Garuda Muda Indonesia semakin tinggi, untuk kembali menciptakan gol. Impian tersebut tercapai, pada menit ke-69, Saddil Ramdani membawa timnas memperkecil ketinggalan menjadi 6-3, setelah Saddil Ramdani mampu mengecoh penjaga gawang Qatar, Hassan melalui tendangan bebasnya.

Tak hanya sampai disitu, Egy Maulana Vikri dkk, tetap melalui serangan bertubi-tubi ke jantung pertahanan Qatar, dua gol mampu diciptakan pasukan Garuda Muda Indonesia melalui perjuangan kerasnya, yang dipersembahkan Rivaldo Terre di menit ke-73 dan 81, dua gol tersebut mambawa Timnas Indonesia U-19 kalah tipis dengan skor 6-5. Mampu hampir memperkecil ketinggalan, membuat Timnas Qatar semakin panik untuk meladeni irama permainan timnas Indonesia.

Timnas Qatar mencoba mengulur-ulur waktu jalannya pertandingan, dengan melakukan aksi cedera tanpa adanya bentrokan fisik. Hal itu tidak membuat Timnas Indonesia terbawa emosi, dan tetap konsentrasi melakukan serangan untuk dapat menyamakan kedudukan. Namun, hingga akhir pertandingan tak ada gol tambahan, skor tetap 6-5 untuk keunggulan Timnas Qatar U-19.

Peluang Timnas Indonesia U-19 masih ada untuk dapat melangkah kebabak selanjutnya, jika dapat mengalahkan Timnas Uni Emirat Arab yang berlangsung, Rabu (24/10) di Stadion Gelora Bung Karno.(TM-YOFE)

75 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment