You are here
Wow, Nilai Media Sosial Instagram Tembus Rp 1.420 Triliun Ekonomi & Bisnis 

Wow, Nilai Media Sosial Instagram Tembus Rp 1.420 Triliun

Topmetro.News – Nilai media sosial Instagram yang dimiliki Facebook Inc diperkirakan mencapai 100 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 1.420 triliun (asumsi kurs dolar AS Rp 14.204). Jika perusahaan berdiri sendiri maka tingkat pengembalian mencapai 100 kali lipat untuk aplikasi yang dibeli Facebook tahun 2012 lalu.

Data Bloomberg Intelligence, seperti dikutip dari laman Bloomberg, Rabu (27/6/2018) menyebutkan, platform berbagi foto di ini mencatatkan satu miliar pengguna aktif bulanan pada awal Juni akan membantu dorong pendapatan Instagram melewati 10 miliar dolar AS atau sekitar Rp 141,95 triliun.

Hal itu berdasarkan analis Bloomberg Intelligence Jitendra Waral dalam laporannya yang rilis pada Senin 25 Juni 2018.

Instagram Lebih Menarik

Media sosial Instagram telah menarik pengguna baru lebih cepat ketimbang Facebook. Waral menuturkan, pertumbuhan pengguna Instagram berada di jalur untuk melebihi pengguna lebih dari dua miliar dalam 5 tahun ke depan.

Meskipun jejaring sosial telah lampaui tonggak sejarah, pengguna Instagram lebih muda dari Facebook membuatnya menarik bagi pengiklan. Kemudian tidak seperti Facebook, Instagram masih berkembang di Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan data eMarketers, pendapatan Instagram dapat melebihi 16 persen ketimbang Facebook tahun 2019. Jumlah ini naik dari pertumbuhan 10,6 persen pada tahun lalu. Ada penambahan fitur televisi Instagram atau IGTV pada pekan lalu sebagai upaya untuk katalisasi pertumbuhan di masa depan.

“Sebagian besar pertumbuhan pendapatan tahun 2018 di media sosial Instagram masih akan datang dari iklan newsfeednya karena platform televisi masih berkembang,” ujar Waral.

Kinerja Instagram Belum Mampu Angkat Saham Facebook

Melihat kinerja Instagram itu belum mampu angkat saham Facebook. Saham Facebook turun 3,7 persen menjadi USD 194,23 di bursa saham New York. Pada periode berjalan tahun 2018, saham Facebook naik 10 persen dibandingkan indeks saham S&P 500 naik 1,5 persen.

Punya 800 Juta Konsumen

Sebelumnya, Instagram sendiri baru saja mengumumkan sudah mengantongi satu miliar pengguna dari seluruh dunia.Jumlah ini jelas terbilang sangat besar dengan peningkatan yang signifikan, mengingat pada September 2017 mereka masih memiliki 800 juta pengguna.

Dengan begitu, hanya dalam waktu beberapa bulan, media sosial berbagi foto dan video milik Facebook ini mampu meraup pertumbuhan 200 juta pengguna baru.

CEO dan pendiri Instagram Kevin Systrom pun memberi respons terhadap jumlah pengguna Instagram yang sebegitu besar. Menurutnya, pencapaian ini hal yang cukup menakjubkan.

“Sangat menakjubkan, aku dan Mike (rekan pendiri Instagram) tidak menyangka hal ini akan terjadi,” ujar Kevin dalam gelaran khusus Instagram yang diadakan pada Rabu pagi 20 Juni 2018, sebagaimana dilansir The Verge.(tmn)

sumber: spiritriau

43 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment